Dark/Light Mode

Garap Industri Konten Kreatif, mahakaX Mantap Gandeng Taulany TV

Senin, 19 Desember 2022 23:24 WIB
Chief Executive Officer mahakaX Farash Farich (kanan) dan Founder Taulany TV Andre Taulany (kiri). (Foto: Ist)
Chief Executive Officer mahakaX Farash Farich (kanan) dan Founder Taulany TV Andre Taulany (kiri). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Mahaka Media Tbk atau mahakaX siap menggarap potensi industri konten kreatif dengan menjalin kerja sama dengan para kreator konten.

Chief Executive Officer mahakaX, Farash Farich mengatakan, perusahaan telah berkomitmen hadir sebagai rumah bagi para kreator konten. mahakaX akan menciptakan inovasi berkelanjutan melalui ekosistem, unit bisnis, serta keunggulan teknologi yang dimiliki perusahaan.

"Di era konvergensi media digital saat ini, para kreator konten berperan penting dalam mengoptimalkan pasar untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap sebuah brand dan bisnis," ujarnya dalam keterangan pers, dikutip Senin (19/12).

mahakaX memiliki visi yang berfokus pada media digital dan teknologi. Representasi visi ini hadir dalam bentuk unit-unit bisnis yang tergabung dalam ekosistem mahakaX.

Seperti, Republika, JakTV, Mahaka Square, CreativeIntel, Alive, Inspire serta sejumlah unit lainnya yang tergabung dalam mahakaX ecosystem.

Baca juga : Digitalisasi Koperasi, Aviana Gandeng KopKar Gobel-Panasonic

Seiring perubahan yang terjadi dalam industri media dan teknologi di Indonesia, transformasi tersebut diperlukan untuk menjadikan mahakaX sebuah perusahaan media kreatif berbasis teknologi yang dapat memberikan solusi dan pemberdayaan secara menyeluruh untuk para kreator dan brand partner.

Tren sekarang, lanjut Farash, memungkinkan pelaku bisnis untuk leluasa dalam memilih suatu media dan format apa yang digunakan dalam penyampaian pesan terbaik kepada target konsumen.

Untuk itu, pihaknya melakukan terobosan baru dalam menjawab kebutuhan industri dengan mendukung potensi kreator konten melalui pemanfaatan ekosistem mahakaX yang terintegrasi.

"Sehingga akan memudahkan mereka dalam menghadirkan konten kreatif yang berkualitas bagi penonton," tuturnya.

Dia menjelaskan, mahakaX siap menjalin kerja sama dengan para kreator konten melalui dua pendekatan utama. Yakni, pengembangan intellectual property (IP) serta financial solution yang diharapkan dapat memfasilitasi ide, kreativitas, serta membangun personal branding bagi para kreator.

Baca juga : Lindungi Keamanan Penumpang, Jasa Raharja Gandeng ASDP

Sekadar informasi, saat ini media dan teknologi tidak dapat dipisahkan bahkan saling melengkapi dan akan terus berkembang.

Berdasarkan laporan We Are Social, pengguna aktif media sosial tercatat meningkat 12,35 persen (yoy) sebanyak 191 juta orang pada Januari 2022.

Bahkan Youtube menempati peringkat teratas (94 persen), diikuti Instagram (93 persen), TikTok (63 persen), Facebook (59 persen) dan Twitter (54 persen) sebagai platform yang paling sering diakses selama periode Juni 2022, menurut laporan Populix bertajuk Social Media Habit and Internet Safety.

Mengawali kolaborasi kreatif ini, saat ini mahakaX telah bekerja sama dengan salah satu kreator konten Tanah Air, Taulany TV. Upaya strategis yang dilakukan mahakaX menjadi penting di era generasi media digital.

"Langkah ini akan terus diwujudkan dengan sejumlah kerjasama dan proyek kreatif selanjutnya," terangnya.

Baca juga : Bamsoet Tegaskan Pentingnya Konsensus Bersama Hadapi Tantangan Kebangsaan

Dikutip dari website Social Blade, Per Desember 2022 channel Taulany TV memiliki sebanyak 6,5 jumlah subscriber. Selain itu kontennya telah ditonton sebanyak 1,3 milar kali.

Farash menilai, minat masyarakat untuk mengkonsumsi konten digital terus meningkat yang mendorong potensi menjanjikan bagi konten kreator yang bisa bergerak di berbagai industri untuk mendorong bisnis agar tetap eksis.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.