Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BP Jamsostek Beri Santunan JKM Untuk Ketua RT Kemanggisan

Kamis, 22 Desember 2022 12:49 WIB
BP Jamsostek menyerahkan santunan Jaminan Kematian (JKM) kepada ahli waris Ketua RT Kemanggisan almarhum M Yunus Ramli. (Foto: Ist)
BP Jamsostek menyerahkan santunan Jaminan Kematian (JKM) kepada ahli waris Ketua RT Kemanggisan almarhum M Yunus Ramli. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Kantor Cabang Grha BP Jamsotek menyerahkan santunan Jaminan Kematian (JKM) kepada ahli waris Ketua RT Kemanggisan almarhum M Yunus Ramli, yang diterima langsung oleh anaknya yaitu, Jaenal Abidin.

Besaran santunan JKM yang diterima sebesar Rp 42 juta. Santunan tersebut diberikan secara simbolis oleh Kepala Kantor Cabang Grha BP Jamsostek Achmad Fatoni didampingi Kepala Bidang Kepesertaan Khusus Bagus Teja Harmoko dan dihadiri Kepala Kelurahan Kemanggisan Jakarta Barat Firmansyah.

Achmad Fatoni mengatakan, almarhum tergabung dalam organisasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) yang ada didalam naungan kelurahan Kemanggisan Jakarta Barat. 

Baca juga : BP Jamsostek Gambir Gencar Kampanye Kerja Keras Bebas Cemas

Ia menuturkan, almarhum telah terdaftar sebagai peserta BP Jamsostek selama 1 tahun dengan mengikuti 2 program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan JKM yang iuarnya sangat terjangkau oleh masyarakat perbulan hanya Rp 16.800.

Dengan terdaftar sebagai peserta BP Jamsostek, lanjut Achmad Fatoni, keluarga almarhum berhak mendapatkan santunan dari manfaat program BP Jamsostek berupa santunan kematian Rp 20 juta, santunan berkala Rp 12 juta, serta biaya pemakaman Rp 10 juta. Sehingga, total Rp 42 juta berhak diterima ahli waris.

Achmad Fatoni berharap santunan yang diperoleh bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pendidikan anak dan kesejahteraan hidup keluarga. 

Baca juga : BPIP: Konsitusi Beri Jaminan Setiap Warga Negara Untuk Beribadah

"Kehadiran BP Jamsostek di tengah masyarakat tentunya memberikan perlindungan terhadap risiko sosial yang sangat mungkin terjadi kepada siapa saja kapanpun fungsi BP Jamsostek adalah meringankan beban yang timbul akibat risiko kecelakaan kerja, kematian, hari tua dan pensiun," ujarnya di Jakarta, Kamis (22/12).

"Dengan gencar mengkampanyekan Kerja Keras Bebas Cemas, masyarakat pekerja informal diharapkan bisa menjadi peserta BP Jamsostek," sambungnya.

Kepala Kelurahan Kemanggisan Firmansyah menyambut baik dan menyampaikan apresiasi kepada BP Jamsostek Cabang Grha BP Jamsostek yang telah berupaya untuk terus mensosialisasikan program ini ke masyarakat. 

Baca juga : Bamsoet Dukung Pemberian Insentif Kendaraan Listrik

Firmansyah berjanji akan makin gencar mensosialisasikan program Pemerintah ini ke seluruh masyarakat yang ada dilingkungan Kelurahan Kemanggisan untuk ikut serta menjadi peserta BP Jamsostek.

"Terutama kepada para pekerja yang bergerak di sektor informal seperti pedagang, tukang ojek, asisten rumah tangga, dan lainnya. Dengan iuran sangat terjangkau mulai dari Rp 16.800 manfaat program BP Jamsostek bisa dirasakan ke seluruh masyarakat untuk kesejahteraan," jelasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.