Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hingga 16 Desember, OJK Terima 14.088 Pengaduan Lewat APPK

Senin, 26 Desember 2022 19:33 WIB
Para pejabat OJK dalam media briefing bertajuk “Optimalisasi Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan oleh OJK” di Jakarta, Senin (26/12). (Foto: Antara)
Para pejabat OJK dalam media briefing bertajuk “Optimalisasi Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan oleh OJK” di Jakarta, Senin (26/12). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat dari 1 Januari 2022-16 Desember 2022 menerima sebanyak 14.088 pengaduan melalui Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK).

OJK merinci, sebanyak 7.104 pengaduan atau 50 persen menyangkut sektor perbankan, 6.896 atau 49 persen menyangkut sektor Industri Keuangan Non Bank (IKNB), dan 88 pengaduan atau 0,6 persen menyangkut pasar modal.

Baca juga : Jadwal SIM Keliling Bogor 20 Desember, Hadir Di Graha Pena Radar Bogor

Kepala Departemen Perlindungan Konsumen OJK Agus Fajri Zam mengatakan, sebanyak 13.998 pengaduan sedang dalam upaya penyelesaian melalui proses Internal Dispute Resolution (IDR) oleh Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK). Dari jumlah tersebut, sebanyak 12.680 pengaduan atau 90,58 persen telah selesai, dan sebanyak 1.318 pengaduan atau 9,42 persen sedang dalam proses penyelesaian.

Sebanyak 1.545 konsumen melanjutkan pengaduan ke Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS), dimana 1.218 pengaduan ditindaklanjuti LPAS yang 519 pengaduan telah selesai dan 699 pengaduan sedang dalam proses. Selain itu sebanyak 327 pengaduan tidak ditindaklanjuti karena bukan kewenangan LAPS, seperti berindikasi pidana, pernah, atau sedang dalam proses oleh lembaga lain atau pengadilan, atau belum dilakukan IDR. 

Baca juga : SIM Keliling Bogor Kota 17 Desember, Hadir Di Plaza Jambu Dua

“Pengaduan seperti gunung es. Setelah peluncuran APPK pada 2021, naiknya signifikan. Ini yang kita khawatirkan, masyarakat yang belum terinformasi, bisa bangkit untuk menuntut haknya,” kata Agus dikutip dari Antara, Senin (26/12).

Agus melanjutkan terdapat 90 pengaduan yang terindikasi pelanggaran yang 58 pengaduan sudah diselesaikan dan 32 pengaduan dalam proses.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta 16 Desember, Hadir Di 5 Lokasi

Sebagai informasi dari periode 1 Januari 2022 hingga 16 Desember 2022 APPK milik OJK menerima sebanyak 304.890 laporan konsumen yang terdiri dari 269.509 pertanyaan,  21.293 informasi, dan 14.088 pengaduan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.