Dark/Light Mode

Terserap 93.68 Persen, Rights Issue Semen Indonesia Sukses Berat

Kamis, 29 Desember 2022 11:20 WIB
Tingkat kepercayaan pemegang saham terhadap Semen Indonesia, dilaporkan terus mengalami peningkatan. (Foto: Antara)
Tingkat kepercayaan pemegang saham terhadap Semen Indonesia, dilaporkan terus mengalami peningkatan. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Saham baru yang diterbitkan PT Semen Indonesia (Persero) melalui skema rights issue, terserap maksimal oleh pemegang saham publik.

Jumlah saham baru yang terserap publik setara Rp 2,56 triliun. Ini berarti, total dana yang diraup perusahaan berkode saham SMGR itu mencapai Rp 5,4 triliun.

Terkait hal ini, Corporate Secretary Semen Indonesia Vita Mahreyni mengatakan, penyerapan right issue porsi publik yang mencapai 93,68 persen hingga periode terakhir transaksi, menunjukkan tingginya minat dan partisipasi pemegang saham publik.

Baca juga : Laris Manis, Right Issue BSI Oversubscribed Hingga 1,4 Kali

Selain itu, hal ini juga menunjukkan tingkat kepercayaan pemegang saham terhadap SMGR, dengan inisiatif-inisiatif strategis yang telah dilakukan. Sehingga, dapat mencatatkan kinerja positif berdasarkan laporan keuangan perusahaan per September 2022.

Kesuksesan rights issue ini menjadi motivasi bagi SMGR, untuk terus tumbuh di tengah kondisi industri semen yang kompetitif.

"Semen Indonesia akan selalu berupaya mencatatkan kinerja positif sebagai bentuk tanggung jawab, serta komitmen perusahaan untuk memberikan nilai tambah kepada pemegang saham,” kata Vita dalam keterangannya, Rabu (28/12).

Baca juga : Resmikan Pusat Penelitian, Ganjar Ingin Rempah Indonesia Kembali Kuasai Dunia

Pada porsi publik, tercatat sebanyak 388.403.084 saham baru senilai Rp 2,56 triliun telah dipesan. Angka ini setara 93,68 persen dari total 414.598.313 saham baru yang ditawarkan.

Negara RI sebagai pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan sebesar 51,01 persen, turut ambil bagian dalam rights issue ini melalui transaksi inbreng. Dengan mengalihkan sejumlah 7.499.999.999 saham Seri B senilai total Rp w,84 triliun atau mewakili 75,51 persen dari seluruh modal ditempatkan. Disetor penuh dalam saham Semen Baturaja ke dalam saham SIG.

Di tengah kondisi industri semen yang masih menantang, dengan semakin tingginya tingkat persaingan dan meningkatnya biaya produksi - terutama akibat kenaikan bahan bakar -, SMGR sukses melaksanakan rights issue dengan total pemesanan 96,9 persen dari keseluruhan transaksi.

Baca juga : Kerja Sama Perbatasan Darat Indonesia-Papua Nugini Sukses Dilakukan

'Aksi korporasi ini menjadi salah satu langkah strategis yang dilakukan SMGR mendukung kinerja perusahaan. Terutama, untuk program-program ESG dan pengembangan bisnis," tutur Vita. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.