Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Transformasi Yang Dilakukan Erick Thohir Sukses Ubah Paradigma BUMN

Jumat, 30 Desember 2022 22:20 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat ekonomi Kiki Rizki Yoctavian mengapresiasi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam membuat beberapa gebrakan dalam usahanya menjalankan transformasi di perusahaan plat merah.

Menurutnya Kiki, BUMN yang kerap mendapat citra negatif, berubah jauh lebih baik saat dipegang Erick Thohir.

"Erick melakukan penataan organisasi juga menyederhanakan peraturan yang berlaku, seperti akan membuat omnibus law versi BUMN juga berusaha menghapus paradigma bahwa perusahaan BUMN merupakan sarang korupsi. Memang beberapa kasus korupsi melanda BUMN (Jiwasraya dan Asabri) ini tentu mencoreng wajah BUMN yang tengah berbenah sejalan dengan program transformasi," ujar Kiki, Jumat (30/12).

Kiki menambahkan, program bersih-bersih BUMN yang dicanangkan Erick Thohir tidak sekadar membenahi BUMN dari segi bisnis dan sumber daya manusianya melainkan juga aspek hukum.

Baca juga : Penutupan RS Wisma Atlet, Bukti Sukses Erick Thohir Membangun BUMN Tanggap Krisis

Tidak hanya itu, eks bos Inter Milan ini tengah mempersiapkan blacklist atau daftar hitam bagi direksi dan komisaris BUMN yang bermasalah.

"Selain sisi pembenahan bisnis yang penting juga sisi pencegahan dari penyelewengan bisnis itu sendiri. Tentunya Menteri BUMN Erick Thohir telah membawa paradigma baru dalam wajah BUMN," jelasnya.

"Paradigma yang membuat BUMN semakin progresif berkembang dalam menjalankan bisnisnya tetapi tetap patuh terhadap rambu-rambu dan aturan-aturan hukum yang berlaku," sambung Kiki.

Kiki menjelaskan, setidaknya ada tiga hal yang membuat BUMN lebih baik dari sebelumnya. Pertama, di tingkat internal melalui tingkat kepatuhan dalam mengelola perusahaan melalui audit Good Corporate Governence (GCG) dalam setiap BUMN.

Baca juga : Wakili Luar Jawa, Erick Thohir Disebut Cawapres Ideal

"Kedua melalui audit independen Kantor Akuntan Publik pada setiap tahunnya dan ketiga penilaian tingkat kesehatan perusahaan tersebut, itu untuk sisi internal perusahaan," ucapnya.

Sementara itu, kata Kiki pada sisi eksternal BUMN, Erick Thohir pun mempersilahkan BPKP maupun BPK untuk masuk mengaudit perusahaan BUMN.

"Kerja sama antara BUMN dan Kejaksaan dalam pelaksanaan lelang barang dan jasa. Serta sosialisasi rutin KPK di BUMN dalam upaya pencegahan korupsi," tutur Kiki.

Selain itu, Kiki menilai, Erick Thohir merupakan seorang yang memiliki kinerja serta komitmen tinggi dengan apa yang dikerjakannya.

Baca juga : Bank Mandiri Sukses Kerek Penjualan SBN

"Saya dapat mengatakan bahwa Menteri BUMN Erick Thohir seorang yang berkomitmen tinggi, apa yang dibicarakannya kemudian dilakukannya dalam aksi yang nyata untuk pencegahan dan pemberantasan korupsi di BUMN," pujinya.

Erick Thohir dinilai sangat berkomitmen penuh dalam upaya membersihkan perusahaan BUMN dari watak dan perilaku korup pengurusnya.

"Juga membuat jaring-jaring untuk pencegahan tindakan korupsi di BUMN karena walaupun bisnisnya menguntungkan tetapi tindakan korupsi sangat dapat merugikan hasil bisnis dari BUMN itu sendiri," jelasnya.

"Saya berharap bahwa apa yang dilakukan Menteri BUMN ini dapat membawa BUMN lebih baik ke depannya dan mampu bersaing di dunia Internasional," tandas Kiki.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.