Dark/Light Mode

Libur Nataru, Penumpang di Pelabuhan dan Bandara Manokwari Naik 20 Persen

Sabtu, 31 Desember 2022 07:38 WIB
Bandara Rendani, Manokwari, Papua.
Bandara Rendani, Manokwari, Papua.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian perhubungan terus sigap memantau pergerakan arus libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto melakukan blusukan ke Pelabuhan dan Bandara di Papua.

Novie datang untuk meninjau Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Pelabuhan Manokwari dan Bandara Rendani, Manokwari, Papua. 

Baca juga : Libur Nataru, 1 Juta Orang Naik Kereta Api

"Hasil pantauannya menunjukkan jumlah penumpang mengalami lonjakan, namun pelayanan angkutan umum sampai hari ini masih tetap berjalan lancar, aman, dan terkendali, "ujar Sesjen Novie dikuti Jumat (30/12).

Di Bandara Rendani, terdapat tren peningkatan penumpang angkutan udara yang didominasi rute Manokwari menuju Sorong sebanyak 5 penerbangan per hari. Peningkatan jumlah penumpang pesawat udara di Bandar Udara Rendani meningkat sebanyak 20% dibandingkan dengan tahun 2021.

Lonjakan penumpang terjadi lantaran pada libur nataru tahun ini, penumpang dapat bepergian tanpa ada syarat tes PCR/Antigen, seperti tahun sebelumnya. 

Baca juga : Libur Tahun Baru, Kimia Farma Express Penuhi Kebutuhan Kesehatan Traveller Di 9 Lokasi

Sesjen Novie mengatakan, penerapan protokol kesehatan tetap dilaksanakan di Bandar Udara Rendani Manokwari.

“Pihak pengelola atau Unit Pelaksana Bandar Udara/UPBU Rendani telah berkoordinasi dengan maskapai untuk menyiagakan pesawat tambahan, guna mengantisipasi lonjakan penumpang,” tutur Novie.

Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kapal di Pelabuhan Manokwari, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV (KSOP) Manokwari telah menyiagakan kapal sebanyak 18 unit kapal terdiri dari 7 unit kapal penumpang yang dioperasikan oleh PT. Pelni berukuran ± 14.000 GT, 9 unit Kapal Perintis berukuran 1000 - 2000 GT dan 2 unit kapal swasta berukuran 250 - 500 GT. Jumlah kapal meningkat 6% dari jumlah kapal pada angkutan nataru tahun sebelumnya.

Baca juga : Menperin Targetkan Pertumbuhan Industri 2023 Tembus 5,4 Persen

Sedangkan, jumlah penumpang kapal pada tahun ini sebanyak 6.733 penumpang turun dan 9.164 penumpang turun, atau naik sekitar 21 persen jika dibandingkan dengan angkutan nataru tahun sebelumnya. 

Adapun asal dan tujuan penumpang pada Pelabuhan Manokwari meliputi Sorong, Wasior, Numfor, Biak, Nabire, Serui, Oransbari, Saurokem■ 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.