Dark/Light Mode

Dukung Warga Medan Satria Panen Sayuran Hidroponik, PLN UIP JBB Dirikan Green House

Kamis, 5 Januari 2023 17:57 WIB
Foto: Dok. PLN UIP Jawa Bagian Barat
Foto: Dok. PLN UIP Jawa Bagian Barat

 Sebelumnya 
Di tahap awal ini, menurur Ratih, masyarakat telah mendapatkan pelatihan dan awareness terkait ilmu hidroponik. Ia berharap, tujuan selanjutnya dari bantuan usaha hidroponik ini bisa naik kelas, dengan bersaing dengan sayur-mayur di pasar.

“Sayur dari hidroponik ini, tentunya memiliki keunggulan yang tinggi dibandingkan sayuran konvensional. Tentunya, apabila hasil panen berlimpah dan dijual ke masyarakat, sayuran hidroponik ini bisa dijual dengan harga yang bisa mendatangkan keuntungan bagi komunitas warga," ungkapnya.

Baca juga : PLN UIP Jawa Bagian Barat Berikan Bantuan Perpustakaan

Lurah Medan Satria, Wawan Hermawan mengucapkan terima kasih kepada PLN atas bantuan yang telah diberikan. Karena sudah peduli dengan warga RW 04 Kelurahan Medan Satria. "Kini, warga kalau mau cari sayur, nggak perlu jauh-jauh lagi, tinggal tanam, panen, petik, tanam lagi,” ujar Wawan.

Ia menambahkan, bantuan usaha hidroponik dari PLN Peduli ini menyasar kepada masyarakat yang berada di ring 1 proyek SUTET 500 kV (kilovolt) Bekasi – Muara Tawar.

Baca juga : Petani Tebu Sumatera Utara Deklarasikan Ganjar Presiden 2024

Menurutnya, bantuan berupa Green House dan seperangkat alat hidroponik ini diberikan berdasarkan kebutuhan masyarakat, yang ingin mengkonsumsi makanan sehat. Namun, juga bisa berpotensi menjadi usaha mikro dan kecil (UMK) dari masyarakat Medan Satria.

“Hidroponik ini bisa menjadi potensi usaha di wilayah kami. Selain itu, lahan di Kota Bekasi sudah sangat terbatas. Sehingga, bantuan hidroponik ini sangat cocok sebagai usaha yang berlokasi di Jabodetabek dan sekitarnya,” ujar Wawan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.