Dark/Light Mode

Dukung Warga Medan Satria Panen Sayuran Hidroponik, PLN UIP JBB Dirikan Green House

Kamis, 5 Januari 2023 17:57 WIB
Foto: Dok. PLN UIP Jawa Bagian Barat
Foto: Dok. PLN UIP Jawa Bagian Barat

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) memberikan bantuan usaha hidroponik di Kelurahan Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat sebagai wujud nyata kepedulian perusahaan kepada masyarakat, yang tinggal di areal sekitar pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.

Di penghujung tahun 2022, tepatnya  30 Desember, 2022, senyum ibu-ibu khususnya di RW (Rukun Warga) 04 merekah, saat memanen sayuran hidroponik di Green House Kelurahan Medan Satria, yang sudah ditanam sejak Oktober 2022.

Baca juga : PLN UIP Jawa Bagian Barat Berikan Bantuan Perpustakaan

Senior Manager Perizinan, Pertanahan, dan Komunikasi PLN UIP JBB, Ratih Kusuma Dewi mengatakan, hal itu merupakan hasil dari bantuan PLN Peduli, yang tak hanya sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat. Tetapi, juga bisa menjadi sarana sosialisasi dan edukasi masyarakat atas stigma negatif, yang sebelumnya muncul terkait infrastruktur ketenagalistrikan.

Ratih menegaskan, infrastruktur ketenagalistrikan seperti SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi) yang berdiri di atas bangunan Green House ini, sebagai bukti bahwa tower SUTET ini aman bagi masyarakat.

Baca juga : Petani Tebu Sumatera Utara Deklarasikan Ganjar Presiden 2024

"Tidak ada potensi radiasi, atau kerusakan bagi yang tinggal atau melintasi di bawah tower SUTET, sepanjang berada di batas aman dari tegangan listriknya. Sayuran hidroponik saja, bisa tumbuh subur dan sehat meskipun ditanam di bawah tower SUTET. Ini menjadi bukti, bahwa listrik itu aman," tegasnya, melalui siaran pers, Kamis (5/1).

Ratih menambahkan, bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) hidroponik ini juga selaras dengan program pengembangan komunitas. Serta, program Sustainable Development Goals (SDG’s) yang dicanangkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), maupun nawacita dari Pemerintah Indonesia, khususnya dari Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Baca juga : Bank Dunia Sarankan Indonesia Kurangi Subsidi BBM Dan Alihkan Ke BLT

Ia menjelaskan, program bantuan usaha hidroponik di Kelurahan Medan Satria ini, melibatkan komunitas warga RW 04 khususnya kaum wanita dalam menjalankan usaha hidroponik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.