Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dorong Literasi Santri Majelis Ta`lim Al-Hidayah Bekasi

PLN UIP Jawa Bagian Barat Berikan Bantuan Perpustakaan

Rabu, 23 November 2022 08:24 WIB
Foto: dok. PLN UIP Jawa Bagian Barat
Foto: dok. PLN UIP Jawa Bagian Barat

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN melalui program Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), turut menaruh perhatian kepada pendidikan agama bagi anak usia sekolah dasar.

Untuk itu, PLN memberikan bantuan berupa perpustakaan eduPLN dan bantuan pendidikan Al-Qur’an kepada Majelis Ta’lim Al Hidayah di Desa Segarajaya, Kabupaten Bekasi.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB), Octavianus Padudung mengatakan, pihaknya turut menyusun Program Perpustakaan EduPLN yang kegiatannya meliputi pemberian bantuan fasilitas perpustakaan, buku bacaan, seperangkat alat hadrah dan rebana.Selain itu, seperangkat Al-Qur’an dan literatur agama Islam kepada Majelis Ta’lim Al Hidayah.

"Program Perpustakaan EduPLN dan Pendidikan Al-Qur’an hadir guna meningkatkan kapasitas, serta tata kelola kegiatan literasi di majelis ta’lim," ujarnya, melalui keterangannya, Rabu (23/11).

Menurutnya, hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan bakat anak-anak usia sekolah dasar dalam memainkan alat musik hadrah dan rebana. Sekaligus, memberikan dampak positif dalam kegiatan belajar dan mengajar bagi para santri.

Baca juga : Penulis Besar Lahir Dari Kebiasaan Membaca Luar Biasa

Di samping itu, program bantuan ini merupakan wujud kepedulian PLN kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar proyek pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan. Terlebih, Majelis Ta’lim ini berlokasi di sekitar proyek pembangunan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kilo volt (kV) Bekasi – Muara Tawar.

“Jadi, bantuan ini sesuai program Sustainable Development Goals (SDG’s), dengan tujuan peningkatan literasi dan pendidikan bagi anak usia dini hingga bisa melatih kreatifitas anak-anak,” ujarnya. 

Octavianus menambahkan, untuk program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) PLN di tahun 2022 berfokus pada sektor Pendidikan, Pengembangan UMK (Usaha Menengah Kecil), Lingkungan dan Creating Shared Value (CSV).

“Sesuai amanat dari Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara), untuk program TJSL di tahun 2022 berfokus pada empat sektor utama, salah satunya pendidikan dan salah satu program TJSL kami di tahun ini menyasar kepada warga Desa Segarajaya,” ujar Octavianus.

Sebagai bentuk kepedulian, PLN UIP JBB berkomitmen untuk terus memberikan bantuan TJSL yang berdampak positif dan berkelanjutan untuk masyarakat.

Baca juga : Jawara Sandi Uno Bantu Pulihkan Pendapatan Ratusan Driver Ojol

Ia berharap, dengan adanya bantuan ini dapat menunjang kegiatan edukasi di Desa Segarajaya dan dapat dimanfaatkan seluruh warga.

"Khususnya, generasi muda untuk terus belajar dan mengasah kemampuan karena kelak akan menjadi penerus bangsa,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua RW 004 Desa Segarajaya dan selaku penerima manfaat TJSL, Muchsin, mengucapkan rasa syukur kepada PLN atas bantuan yang diberikan.

“PLN sudah memberikan bantuan kepada anak-anak didik saya, termasuk ibu-ibu pengurus Majelis Ta’lim Al Hidayah berupa perpustakaan, Al-Qur’an dan alat-alat kesenian,” katanya.

Muchsin juga mengungkapkan, animo anak-anak Desa Segarajaya sangat tinggi dalam kegiatan sosial budaya.

Baca juga : Kunjungi Kampung Perajin Ikan Di Majalengka, Puan Ikut Bikin Bandeng Presto

Menurutnya para santriwan dan santriwati sangat antusias dalam belajar menabuh rebana dan hadrah yang dilatih dengan ibu-ibu Majelis Ta’lim.

"KKai berharap para generasi muda ini bisa tampil dalam helatan acara di desa Segarajaya maupun di Kecamatan Tarumajaya, bahkan di event-event di Kabupaten Bekasi,” ujar Muchsin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.