Dark/Light Mode

Menteri Teten: Tahun 2023 Jadi Peluang Besar Produk UMKM Kuasai Pasar Domestik

Kamis, 12 Januari 2023 19:40 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (kedua kiri) dalam acara Digital Acceleration Summit Bukalapak Headquarter, Cilandak, Jakarta, Kamis (12/1). (Foto: Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (kedua kiri) dalam acara Digital Acceleration Summit Bukalapak Headquarter, Cilandak, Jakarta, Kamis (12/1). (Foto: Kemenkop UKM)

 Sebelumnya 
CEO BukaFinancial & Commerce Victor Putra Lesmana menambahkan, UMKM saat ini telah menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia. Guna memaksimalkan potensi agar dapat memanfaatkan pasar dalam negeri di tengah ketidakpastian, pemberdayaan bagi UMKM dikatakan akan menjadi kunci untuk dapat menjangkau konsumen Indonesia.

Baca juga : Hak Korban Dipulihkan Tapi Proses Hukum Pelaku Dipertanyakan

Menurutnya, banyak hal yang harus diberdayakan agar dapat menjangkau konsumen Indonesia. Konsumen Indonesia sangatlah luas, platform yang tersedia juga luas, mulai dari belanja lewat e-commerce hingga sosial media.

Baca juga : Riset I2: Pemilu 2024 Jadi Isu Terbesar Media Massa Sepanjang 2022

“UMKM harus bisa mengembangkan diri untuk memanfaatkan beragam platform. UMKM juga diharapkan tidak jago kandang tapi dapat melangkah ke dunia internasional," ujar Victor. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.