Dark/Light Mode

Melihat Hasil Gebrakan Ganjar Pranowo Majukan UMKM Jateng Lewat Penguatan Akses Permodalan

Jumat, 13 Januari 2023 21:33 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

 Sebelumnya 
Kemudian, pertumbuhan tenaga kerja KUMKM di Jateng sebesar 21,19 persen atau lebih besar dari target sebesar 21,10 persen.

Jika dilihat dari indikator program, realisasinya juga mayoritas jauh melebihi dari target yang direncanakan. Misalnya, jumlah koperasi sebesar 83,72 persen dengan target sebesar 66 persen. Koperasi provinsi yang berkualitas realisasinya 35,59 persen dari target 18 persen.

Selanjutnya realisasi usaha mikro menuju kecil sebesar 31,45 persen dengan target 12,59 persen. Usaha Kecil Menuju Menengah sebesar 30,97 persen dengan target 23 persen.

Sementara SDM KUKM yang terampil sebesar 99,26 persen dengan target sebesar 82 persen.

Baca juga : Sahabat Ganjar Gelar Bersih-Bersih Pantai Pekalongan

Pelayanan kredit yang dilakukan Bank Jateng ini, ternyata telah memantik Universitas Diponegoro untuk meneliti dampak KUR.

Mengacu hasil riset universitas ternama itu pada 2022 itu, 80 persen dari responden yang ditelitinya, mengalami peningkatan dana.

Sementara 79 persen responden menyatakan mengalami pertumbuhan keuntungan usaha setelah menerima dana KUR, dan 77 persen menyatakan peningkatan aset setelah digelontor KUR.

"Hasil kajian juga menunjukkan, atas penyaluran KUR meniupkan angin perubahan dalam pemulihan ekonomi di Jateng dan nasional," imbuhnya.

Baca juga : Ganjar Pulihkan Lahan Kritis Dengan Penanaman Pohon

Gebrakan yang dilakukan Ganjar melalui Bank Jateng memang cespleng, dalam melajukan usaha UMKM. Apalagi reputasi bank ini, sudah tak diragukan lagi.

Pada 2021, Bank Jateng sukses menorehkan capaian laba bersih tertinggi nasional. Atas berbagai inovasi layanan, termasuk digitalisasi yang bermuara pada kenaikan efisiensi dan profitabilitas, membawa Bank Jateng meraih prestasi pada penghargaan ‘The Most Profitable Regional Bank 2021’, di ajang CNBC Indonesia Award.

Prestasi lainnya adalah Rising Star BPD pada Indonesia FX Award 2022. Mengacu data Dinas Koperasi dan UKM Jateng, sejak tahun 2013 tercatat ada 90.339 UMKM binaan Pemprov Jateng, dan terus berkembang jumlahnya mencapai 177.256 UMKM binaan di tahun 2022.

Kepala Dinas Koperasi UKM Jateng, Ema Rachmawati mengatakan, dari tahun ke tahun pemprov terus membina UMKM. Mulai dari pelatihan, edukasi perizinan hingga pemasaran.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Beri Bantuan Karpet Hingga Sembako Di Pesanggrahan

Dikatakannya, pelatihan dan pembinaan terus dilakukan dengan menggandeng sejumlah marketplace besar. Beberapa program yang digagas Ganjar pun, membantu perkembangan UMKM di Jateng.

Di antaranya Lapak Ganjar, Hetero Space, maupun inovasi kredit kerakyatan. Bahkan Hetero Space kini menjadi rumah nyaman bagi pelaku UMKM serta start-up, dan memungkinkan keduanya berkolaborasi dalam mengembangkan bisnisnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.