Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Melihat Hasil Gebrakan Ganjar Pranowo Majukan UMKM Jateng Lewat Penguatan Akses Permodalan

Jumat, 13 Januari 2023 21:33 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

 Sebelumnya 
Dia bercerita, bisnisnya yang diberi nama ‘Yuni Kreasi, sempat limbung saat pandemi Covid-19.

"Dengan pinjaman itu, kami sangat terbantu. Selain angsurannya ringan sekitar Rp 660 ribu per bulan, bunganya juga rendah, hanya tiga persen. Berkat usaha ini, kami bisa menguliahkan anak sampai lulus dan beli motor," tutur ibu satu anak ini.

Kemudahan mengajukan kredit di bank plat merah itu juga dirasakan Ahmad Fadlan. Nasabah asal Mranggen, Kabupaten Demak itu, pada 2022 mengajukan pinjaman melalui jalur KUR, dengan plafon Rp 400 juta beserta bunga ringan 0,2 persen.

Pinjaman itu kemudian dimanfaatkan untuk mengembangkan toko yang diberi nama ‘Nisa Hijab’, yang dikelola bersama sang istri.

Baca juga : Sahabat Ganjar Gelar Bersih-Bersih Pantai Pekalongan

Dia menambahkan, kini usaha toko busana islaminya yang beromzet sekitar Rp 40 juta per bulan, telah berkembang. Fadlan pun mengaku bersyukur mendapatkan KUR ini, dan tetap menaruh kepercayaan kepada Bank Jateng.

Selama dua periode kepemimpinan Gubernur Ganjar Pranowo, Jateng telah menjadi provinsi yang menjadi kiblat atau rujukan UMKM di level Nasional.

Menurut Ganjar, capaian itu merupakan hasil kinerja pemprov, beserta seluruh jajaran pemkab dan pemkot se-Jateng, dalam mengembangkan sektor UMKM.

Saat meluncurkan Kredit Lapak Bank Jateng dan Kredit Mitra Jateng 25 di Solo, pada September 2022 lalu, Ganjar Pranowo menegaskan, pemberian kredit murah ini sebagai bentuk kehadiran Bank Jateng untuk masyarakat kecil.

Baca juga : Ganjar Pulihkan Lahan Kritis Dengan Penanaman Pohon

"Ini upaya kita menggerakkan ekonomi, agar menggelinding lebih kencang. Mumpung pandemi sudah membaik, mereka kita bantu bisa jualan lagi. Kalau pasarnya ramai, dagangan laku, maka Insya Allah membikin mereka semangat," tutur Ganjar. 

Sementara itu, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno mengatakan, pihaknya mendukung segala ikhtiar untuk mendorong perekonomian daerah dan UMKM.

Supriyatno membeberkan, pihaknya punya empat program yang menjadi ekosistem dalam pengelolaan UMKM, yaitu UKM Virtual Expo, Co Working Space dan Penyaluran Kredit.

"Ada 11 ribu UMKM yang kami latih dan dampingi, karena tantangan yang dihadapi mereka meliputi tiga hal, permodalan, pemasaran, dan manajemen," ungkapnya.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Beri Bantuan Karpet Hingga Sembako Di Pesanggrahan

Berdasarkan data Dinas Koperasi UKM Jateng, pertumbuhan omzet KUKM di Jateng tahun 2022 sebesar 9,94 persen atau melebihi target sebesar 9,88 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.