Dark/Light Mode

Lampaui Target, Investasi Hulu Migas 2022 Melesat 113 Persen

Rabu, 18 Januari 2023 21:18 WIB
Foto: Dok. SKK Migas
Foto: Dok. SKK Migas

RM.id  Rakyat Merdeka - Berbagai upaya dilakukan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) untuk meningkatkan iklim investasi hulu migas.

Meski masih dalam situasi pandemi Covid-19 serta ketidakpastian geopolitik akibat perang Rusia-Ukraina, realisasi investasi hulu migas di 2022 tercatat tertinggi dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir sejak 2016.

Realisasi investasi hulu migas 2022 mencapai US$ 12,3 miliar atau Rp 182 triliun. Lebih tinggi dibandingkan investasi di 2021 yang sebesar US$ 10,9 miliar atau sebesar 113 persen dari target. Dan melampaui 2019 yang tercatat sebesar US$ 11,7 miliar.

Baca juga : Hari Ini, Rupiah Dibuka Melesat 0,08 Persen

Kinerja investasi hulu migas nasional di 2022 yang naik 13 persen dibandingkan tahun lalu juga tercatat lebih baik dibandingkan rata-rata kenaikan investasi global yang hanya naik sebesar 5 persen.

Menurut Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, kondisi ini menunjukkan iklim investasi sektor hulu migas telah mengalami kemajuan dan peningkatan daya saing yang signifikan. Hasil positif ini, lanjut Dwi, berkat dukungan Pemerintah, baik dalam bentuk insentif maupun kemudahan-kemudahan lainnya.

“Kami juga lebih aktif melakukan jemput bola, melakukan promosi dan tidak menunggu investor datang,” ujar Dwi dalam konferensi pers awal tahun 2023 di Jakarta, Rabu (18/1).

Baca juga : Perekonomian Membaik, Konsumsi Listrik di NTB Meningkat 3,02 Persen

Dwi bilang, keberhasilan ini adalah salah satu pencapaian positif dari transformasi SKK Migas yang telah dimulai sejak 2019.

“Menunjukkan bahwa ada kepercayaan terhadap industri hulu migas nasional, bahwa industri ini akan terus berkelanjutan,” ujarnya.

Di 2023, Dwi mematok target investasi hulu migas sebesar US$ 15,5 miliar atau meningkat 26 persen dibandingkan realisasi investasi 2022.

Baca juga : Masih Terkendali, IHK 2022 Capai 5,51 Persen

Angka ini lebih tinggi dibandingkan peningkatan investasi global yang sebesar 6,5 persen. Deputi Eksplorasi Pengembangan Dan Manajemen Wilayah Kerja Benny Lubiantara menambahkan, tingginya investasi hulu migas 2022 berdampak positif pada peningkatan aktivitas eksplorasi dan aktivitas utama hulu migas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.