Dark/Light Mode

Truk Euro 4 Mitsubishi Fuso Disambut Hangat Konsumen

Sabtu, 21 Januari 2023 19:30 WIB
Mitsubishi Fuso Canter. (Foto: Ist)
Mitsubishi Fuso Canter. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah resmi memberlakukan kebijakan Euro 4 untuk mobil diesel di Indonesia per 21 April 2022. Dengan kebijakan ini diharapkan emisi yang dikeluarkan lebih ramah lingkungan sehingga jumlah gas kaca di dalam negeri akan menurun hingga 26 persen

Standar emisi Euro 4 adalah standar yang digunakan negara Eropa untuk kualitas udara di negara Eropa. Semakin tinggi standar Euro yang ditetapkan maka semakin kecil batas kandungan gas karbon dioksida, nitrogen oksida, karbon monoksida, volatil hidrokarbon, dan partikel lain yang berdampak negatif pada manusia dan lingkungan.

Aturan emisi Euro 4 dikeluarkan melalui Peraturan Menteri lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O.

Industri otomotif nasional pun sudah mengantisipasinya aturan ini. Salah satunya dilakukan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC). Mitsubishi Fuso meluncurkan jajaran produk terbarunya; 15 varian Canter dan 14 varian Fighter X. Dua kelas kendaraan tersebut merupakan transformasi dari produk terlaris Colt Diesel dan Fighter.

Hadir dengan standar Euro 4, mesin 4V21 untuk Canter dan mesin 6M60 untuk Fighter X dengan teknologi Common Rail dapat menghasilkan tenaga mesin yang maksimal, torsi yang lebih tinggi di range RPM yang lebih panjang sehingga performanya lebih optimal.

Selain itu, teknologi Exhaust Gas Recirculation, Positive Crankcase Ventilation, dan Diesel Oxidation Catalyst Muffler mampu menurunkan kadar emisi NOx (Nitrogen Oxide) sehingga emisi gas buang kendaraan lebih ramah lingkungan.

Baca juga : Euro 2024, Busquets Dibujuk Tunda Pensiun

Kehadiran Fuso Euro 4 langsung disambut para pelanggan. Salah satunya oleh PT Agung Solusi Trans (Agung Rent). Agung Rent adalah Perusahaan ini bergerak dalam bisnis rental kendaraan komersial dan penumpang selama 40 tahun. 

Manajer Operasional Agung Rent, Edi Cahyono mengatakan, pihaknya percaya pada Mitsubishi Fuso sebagai mitra untuk mendukung bisnisnya. “Sudah lama kami memercayakan kendaraan niaga kepada Mitsubishi Fuso. Setelah Euro 4 dimulai, kami masih mengandalkan unit Mitsubishi Fuso untuk disewakan kepada pelanggan,” ujar Edi.

Dia menambahkan, keputusan pihaknya menggunakan produk Mitsubishi Fuso tak lepas dari tingginya permintaan end user perusahaan terhadap penggunaan kendaraan niaga dari pabrikan asal Jepang tersebut. Menurut mayoritas pelanggan Agung Rent, kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso memiliki sejumlah kelebihan, seperti mudah dioperasikan, irit, perawatan mudah, dan punya harga jual kembali yang cukup tinggi.

Selain itu, kata Edi, Mitsubishi Fuso juga menyediakan layanan purnajual prima dan ketersediaan suku cadang yang lengkap, mulai dari bengkel 24 jam, ketersediaan suku cadang, hingga jaringan bengkel terluas. Karena itu, pihaknya akan terus percaya pada Mitsubishi Fuso sebagai mitra bisnis.

Agung Rent telah memesan 119 unit Fuso Euro 4 untuk disewakan kepada end user yang menjalankan bisnis di bidang logistik. Adapun Mitsubishi Fuso Euro 4 yang dipilih oleh Agung Rent terdiri dari empat varian, yakni Canter FE 71, FE 71 Long, FE 74 dan FE 74 Long.

Hal senada diakui PT Waletindo Setia Persada (PT WSP). Perusahaan yang bergerak di bidang yang bergerak di bidang pertambangan di Riau ini mempercayakan produk Mitsubishi Fuso Euro 4, Canter FE SHDX.

Baca juga : Mitsubishi Serah Terima 50 Unit New Xpander Cross Ke Konsumen

Menurut Direktur Operasional PT WSP, Chairi Anwar, di era Euro-4, pihaknya masih mempercayai produk Fuso, mengingat kualitas dan kekuatannya untuk menaklukkan berbagai medan jalan, terutama untuk pengangkutan komoditas batu bara di area pertambangan.

"Tidak hanya soal produk, tetapi juga layanan purna jual dan ketersediaan suku cadang Fuso yang sangat baik, menjadi alasan kami memilih Fuso sebagai mitra bisnis," sebut dia.

Keunggulan Mitsubishi Fuso Euro 4 juga diakui PT Putra Mandiangin Utama (PT PMU). Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara ini telah memesan 300 unit Canter FE SHDX Euro 4.

Managing Director PT PMU, Muhammad Alyafei, menilai Mitsubishi FUSO terkenal dengan produk yang kuat, andal, dan berkinerja tinggi. "Hadir dengan reputasi yang baik, produk Fuso telah dijual dan dipercaya di seluruh dunia. Oleh karena itu, kami memilih Fuso sebagai kendaraan yang mendukung bisnis kami," ucapnya.

Dengan sambutan positif tersebut tak heran jika kehadiran Mitsubishi Fuso Euro 4 berhasil meningkatkan penjualan KTB. Sepanjang Januari-November 2022, Mitsubishi Fuso berhasil mencatakan penjualan ritel sebanyak 34.419 unit. Jumlah ini menanjak 16,5 persen dibanding 11 bulan pertama tahun lalu.

President Director PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Nobukazu Tanaka senang mengaku senang produk Euro 4 perseroan diterima dengan baik oleh konsumen. “Setelah pengiriman unit, kami akan terus menunjang bisnis konsumen dengan dukungan penuh dari tim aftersales, melalui jaringan dealer terluas di seluruh Indonesia. Kami memastikan konsumen terlayani dengan baik,” ujarnya.

Baca juga : Simak Penyempurnaan Mitsubishi Pada New Xpander Cross

Mitsubishi juga terus melakukan sosialisasi Euro 4 dengan menggelar Truck Campaign 2022. Ada 43 event Truck Campaign yang digelar dengan melibatkan 68 dealer penyelenggara di seluruh Indonesia.

Tingkatkan Layanan

Tanaka mengatakan, untuk memanjakan para konsumsn truk Euro 4, Mitsubishi Fuso juga akan mempertahankan layanan Free Service yang selama ini diapresiasi konsumen hingga setelah peluncuran kendaraan baru ini. Selain itu, Mitsubishi Fuso akan menambah fasilitas Parts Depo untuk menjamin ketersediaan pasokan suku cadang.

Mitsubishi Fuso meningkatkan fungsi Mobile Workshop Service yang dilengkapi dengan peralatan berteknologi tinggi untuk memeriksa kinerja mesin Euro 4 dan menyediakan mekanik profesional untuk melakukan perawatan unit-unit kendaraan yang ada di on-site atau di lokasi operasional konsumen. Dukungan Runner Telematics juga ditingkatkan dengan fitur-fitur yang lebih lengkap.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.