Dark/Light Mode

Pasang Autogate Di Terminal 2 Soetta, Silmy: Pemeriksaan Paspor Jadi Lebih Cepat

Jumat, 27 Januari 2023 17:59 WIB
Dirjen Imigrasi Silmy Karim (kanan) didampingi Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (tengah) melihat pengoperasian sistem autogate baru di Terminal 2. (Foto: Instagram Silmy Karim)
Dirjen Imigrasi Silmy Karim (kanan) didampingi Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (tengah) melihat pengoperasian sistem autogate baru di Terminal 2. (Foto: Instagram Silmy Karim)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bertepatan dengan hari ulang tahun Imigrasi ke 73. Kantor Imigrasi Bandara Soekarno Hatta meresmikan sistem autogate baru di Terminal 2. 

Peresmian autogate ini diresmikan langsung oleh Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Silmy Karim, Kamis (26/1). Dalam

Peresmian itu hadir juga Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Baca juga : Bali Sudah Full, Jokowi: Pemulihan Wisata di Indonesia Jauh Lebih Cepat

Silmy bilang, autogate baru ini untuk mempercantik wajah Indonesia di mata masyarakat luar negeri. Sehingga, kata dia, masyarakat luar negeri, khususnya investor tertarik saat berkunjung ke Indonesia. Imbasnya, pemasukan dan ekonomi Indonesia akan meningkat. 

Dengan sistem autogate baru ini, hanya perlu belasan detik bagi penumpang untuk pencocokan wajah hingga bisa masuk ke dalam terminal keberangkatan. Silmy optimis, dengan adanya 10 unit autogate ini lalu lintas pelaku perjalanan internasional akan lebih efektif dan efisien.

"Kini kami (Imigrasi) hadirkan kembali mesin autogate yang baru di Teminal 2, lebih canggih dan modern. 5 unit di area keberangkatan dan 5 unit di area kedatangan," kata Silmy. Menurut dia, autogate ini memberikan pengalaman pelayanan contactless dan dilengkapi kamera face recognition. 

Baca juga : Tak Hanya Di Kota, Siloam Hospitals Perluas Layanan Ke Wilayah Terpencil

Pada kesempatan ini, dia juga sempat melihat pengoperasian autogate. Dia juga berbincang dengan penumpang yang sudah menggunakan autogate tersebut. 

Selain autogate, Ditjen Imigrasi juga meresmikan pengoperasian Unit Pelayanan Percepatan Paspor (UP3). UP3 ini berada di lantai 4, area perkantoran, gedung parkir Terminal 3 Internasional. Unit dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 - 11.30 WIB.

Untuk diketahui, pengoperasian autogate ini dilakukan menyusul reaktivasi autogate di Terminal 3 di pertengahan Januari, yang sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.