Dark/Light Mode

PLN Kalbar Terjunkan Tim Elite, Bereskan Gangguan Listrik Di Saluran Transmisi 150 kV

Kamis, 15 Agustus 2019 08:03 WIB
Petugas Tim PDKB TT (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan Tinggi) PLN harus bergelantungan guna bersihkan plat seng rumah warga yang menempel di saluran transmisi 150 kV. (Foto : Humas PLN Kalbar)
Petugas Tim PDKB TT (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan Tinggi) PLN harus bergelantungan guna bersihkan plat seng rumah warga yang menempel di saluran transmisi 150 kV. (Foto : Humas PLN Kalbar)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) menurunkan Tim Elite untuk penormalan kerusakan jaringan transmisi akibat Angin puting beliung yang menghantam Kota Pontianak dan sekitarnya pada Selasa (13/8). Angin puting beliung ini menyebabkan gangguan pada jaringan transmisi PLN arah Siantan – Sei Raya.

Menurut General Manager PLN UIW Kalbar, Agung Murdifi mengatakan, upaya penormalan gardu induk yang terdampak padam dilakukan secara bertahap.

Baca juga : PLN Tegaskan Listrik Padam Bukan Unsur Politik

Dalam waktu kurang lebih 7 menit sejak terjadinya gangguan, gardu induk Bengkayang sudah kembali bertegangan dan selanjutnya diikuti beberapa gardu induk lain di Kota Pontianak dan sekitarnya.

"Tim elite PDKB TT (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan Tegangan Tinggi) PLN berjibaku membersihkan plat seng rumah yang masih menempel di saluran dan tower transmisi 150 kV," kata Agung.

Baca juga : PLN Terus Pulihkan Aliran Listrik, Sebagian Wilayah Sudah Normal

Ia menjelaskan, pasukan PDKB TT adalah pasukan elite milik PLN yang terlatih melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian isolator, konduktor serta komponen lainnya pada jaringan listrik khususnya transmisi tanpa memadamkan aliran listrik. "Sehingga masyarakat dapat tetap menikmati listriknya," katanya.

Ia menambahkan bahwa upaya penormalan jaringan yang terganggu segera dilakukan, PLN mengupayakan proses penormalan berjalan dengan cepat.

Baca juga : Mentan Siap Bantu Menteri Desa Tingkatkan Kesejahteraan Petani di Daerah Transmigrasi

Agung juga menghimbau kepada masyarakat agar segera melaporkan ke kantor layanan PLN terdekat jika melihat dan menemukan ada kejanggalan pada instalasi listrik, seperti kawat layang-layang yang menggantung pada jaringan instalasi PLN, tower atau tiang listrik yang miring atau bengkok. Juga tidak melakukan pembakaran benda apapun didekat jaringan listrik.

"Jika masyarakat menemukan kejanggalan pada jaringan listrik harap segera melapor ke kantor layanan PLN terdekat atau bisa juga melalui call center 0561 123, agar dapat segera ditindaklanjuti oleh Petugas PLN, demi kemananan warga dan keandalan pasokan listrik," tutur Agung. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.