Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

RRI Luncurkan Aplikasi Baru, Dipuji Lakukan Lompatan Transformasi Digital

Selasa, 31 Januari 2023 21:37 WIB
Peluncuran aplikasi RRI Play Go. (Foto: Dok. RRI)
Peluncuran aplikasi RRI Play Go. (Foto: Dok. RRI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Radio Republik Indonesia (RRI) melakukan lompatan transformasi digital dengan menambah sejumlah fitur pada aplikasi RRI Play Go yang kini dapat diakses masyarakat luas. Peluncuran aplikasi RRI Play Go versi baru ini dilakukan Direktur Utama LPP RRI I Hendrasmo, di Galeri Tri Prasetya RRI Jakarta Pusat, Selasa (31/1). Peluncuran dihadiri sejumlah tokoh, di antaranya dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Komisi Informasi Pusat (KIP), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan sejumlah praktisi penyiaran.

Hendrasmo menerangkan, RRI Play Go mengalami penambahan fitur yang jauh lebih banyak dan lebih menarik dari sebelumnya. Selain ada 188 live streaming RRI Pro1, Pro2, Pro3, dan Pro 4 di seluruh Indonesia, RRI Play Go juga memiliki lebih dari 500 ribu koleksi lagu, dengan fitur playlist lagu favorit, slot podcast dan video dan interaksi antar user maupun interaksi user dengan penyiarnya. “Fitur lainnya adalah aplikasi ini akan memberikan notifikasi bila terjadi gempa,” kata Hendrasmo.

Baca juga : Bamsoet Tegaskan PPHN Harus Adaptif, Kompetitif dan Berbasis Transformasi Digital

Praktisi senior penyiaran Paulus Widiyanto memuji hal ini. Dia mengatakan, RRI telah melakukan lompatan sejarah dalam transformasi digital.

“Saya mengapresiasi RRI yang telah melakukan lompatan sejarah. Dengan adanya platform tersebut, RRI terus berupaya untuk memenuhi dan melayani kebutuhan masyarakat di era media baru saat ini,” kata Paulus.

Baca juga : Prof. Aman: Lulusan IPMI Harus Punya Gaya Kepemimpinan Transformasional

Usai acara, Hendrasmo mengatakan, RRI dipaksa untuk bertransformasi karena perkembangan tekhnologi dan komunikasi. Bahkan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan tambahan fitur lain yaitu berupa penyajian semua bentuk ‘konten ke-Indonesiaan’ untuk membuat banyak orang mampir ke aplikasi RRI Play Go.

“Tidak ada pilihan bagi kami, selain harus mengadaptasi perkembangan teknologi yang ada. Terlebih kita menghadapi perilaku audiens yang telah berubah” ujar Hendrasmo.

Baca juga : Ini 2 Kunci Keberhasilan Transformasi Digital BRI

Untuk fitur musik, lanjut dia, pihaknya telah menugaskan music director RRI di seluruh Indonesia untuk mengunggah lagu-lagu daerah yang terbaru. Misalnya dari Aceh, Papua, Kalimantan, Jawa, maupun Sulawesi. Aplikasi ini akan memiliki koleksi lagu nusantara terbesar. Ke depan, pihaknya juga menginginkan all Indonesian content.

“Kita merindukan seperti yang dilakukan KBS, bagaimana mereka bisa membawa budaya bangsa mereka ke dunia, untuk itu kami mengharapkan dukungan publik agar RRI tetap terus relevan dan memiliki ikatan yang kuat dengan seluruh masyarakat Indonesia,” pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.