Dark/Light Mode

Gelar Pelatihan Membatik, BKI Dukung Sertifikasi Produk Forum UMKM Bogor

Kamis, 2 Februari 2023 16:59 WIB
BKI mendukung SertitifakasiForum UMKM Bogor dengan mengelar pelatihan membatik. (Foto: Dok. BKI)
BKI mendukung SertitifakasiForum UMKM Bogor dengan mengelar pelatihan membatik. (Foto: Dok. BKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI, sebagai Induk Holding BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Jasa Survey atau IDSurvey, berkomitmen meningkatkan kompetensi keterampilan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atau mitra binaan, sebagai bagian program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Salah-satunya, melalui pelatihan Batik sebagai bentuk pelestarian budaya lokal asli. “Pelatihan ini bukan sekadar proses membatik, tapi juga bagaimana pengajuan sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) produk batik yang berpotensi, untuk bersaing di pasar nasional dan global,” ujar Direktur Utama BKI Arisudono Soerono, di Bogor, Kamis (2/2).

Baca juga : Gelar Rakernas, Asmindo Dukung Kreativitas Industri & UKM

Ia berharap, melalui Pelatihan Batik ini setiap UMKM memiliki sertifikasi TKDN untuk mengurangi produk impor dengan barang subsidi, yang dihasilkan UMKM.

“Pelatihan ini semoga bisa konsisten dilakukan sehingga dapat meningkatkan kualitas produk dalam negeri serta menggerakkan perekonomian Kota Bogor,” katanya.

Baca juga : Srikandi Ganjar Jatim Gelar Pelatihan Bahasa Inggris Dan Praktek Jadi Tour Guide Di Bromo

Pihaknya juga berkolaborasi dengan Forum UMKM Kabupaten (Kab.) Bogor untuk membantu para pelaku UMKM, dengan menggelar Pelatihan Batik selama lima hari mulai 30 Januari – 3 Februari 2023.

"Kegiatan ini, diikuti sebanyak 50 peserta meliputi 12 kecamatan," katanya.

Baca juga : Beri Kepastian Hukum Berusaha, APJII Dukung Terbitnya Perppu Ciptaker

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi UMKM Kab. Bogor, sekaligus mewakili Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bogor, Asep Mulyana Sudrajat mengapresiasi BKI, yang telah memfasilitas kegiatan pelatihan batik bagi para pelaku UMKM.

“Semoga, pelatihan ini bisa memberikan manfaat serta mewujudkan produk batik yang menjadi standar budaya nasional. Saya juga berharap, para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik dan mengimplementasikannya,” ujar Asep. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.