Dark/Light Mode

2 Maret, GoTo Bakal Gelar RUPSLB, Agus Marto Dan Wishnutama Jadi Calon Komisaris

Rabu, 8 Februari 2023 18:50 WIB
Agus Martowardoyo (kiri) dan Wishnutama Kusubandio (Foto: Istimewa)
Agus Martowardoyo (kiri) dan Wishnutama Kusubandio (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau GoTo mengumumkan rencana membentuk jajaran kepemimpinan yang lebih kuat. Demi meningkatkan tata kelola perseroan, serta menjalankan operasional bisnis yang lebih efisien dan cepat, untuk menuju profitabilitas.

Perubahan ini merupakan bagian dari Pemanggilan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), yang akan diselenggarakan pada 2 Maret 2023. Dengan agenda yang mencakup pengajuan perubahan jajaran Dewan Komisaris, Direksi, serta penunjukan Komisaris Independen baru.

Pemanggilan RUPSLB yang disampaikan kepada publik pada Rabu (8/2), dapat diakses melalui laman Bursa Efek Indonesia (BEI) serta situs web resmi Perseroan.

Dalam perubahan ini, perseroan akan mengajukan nama-nama sebagai berikut:

1. Agus DW Martowardojo untuk menjabat Komisaris Perseroan.

Mantan Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pada tahun 2005-2010 dan Menteri Keuangan Republik Indonesia pada tahun 2010-2013 ini, memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman di bidang keuangan dan perbankan.

Baca juga : BDx Indonesia Tunjuk Agus Hartono Wijaya Jadi Presdir dan CEO

Tahun 2012, Agus Marto mendapat penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik se-Asia Pasifik dari The Banker.

Beliau kemudian menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia pada tahun 2013-2018.

2. Marjorie Lao untuk menjabat sebagai Komisaris Independen Perseroan.

Marjorie memiliki pengalaman luas dalam bidang keuangan perusahaan. Dia pernah menjabat Chief Financial Officer (CFO) LEGO Group dan sejumlah jabatan kepemimpinan di Cisco Systems Inc, McKinsey & Company, dan The Procter & Gamble Company.

Marjorie juga merupakan anggota Direksi di Logitech dan anggota Dewan Penasihat Eropa di Harvard Business School.

3. Patrick Sugito Walujo untuk menjabat sebagai Komisaris Perseroan.

Baca juga : IMI Bakal Gelar IMI Award dan Fest Concert Februari 2023

Patrick adalah Co-Founder dan Managing Partner Northstar Group, yang didirikan pada tahun 2003, dan kini telah menjadi salah satu perusahaan investasi terkemuka Indonesia.

Patrick mengawali kariernya di Goldman Sachs London dan New York. Dia adalah mantan Senior Vice President di Pacific Century Ventures, Tokyo.

4. Winato Kartono untuk menjabat sebagai Komisaris Perseroan.

Winato adalah Founding Partner Provident, dengan lebih dari 25 tahun pengalaman di sektor perbankan dan pengelolaan bisnis.

Winato mengawali kariernya di Bank Sumitomo Niaga, kemudian beralih ke Arthur Andersen Indonesia, sebelum bergabung ke Citigroup.

Di Citigroup, Winato membangun kariernya selama delapan tahun hingga menjabat Head of Investment Banking di Indonesia.

Baca juga : Relawan Mak Ganjar Gelar Zikir Dan Doa Bersama di Tangsel

Dalam rencana perubahan ini, ada dua nama yang akan mengundurkan diri. Yakni Kevin Aluwi dan Anthony Wijaya.

Kevin akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Komisaris Perseroan. Beliau tetap merupakan pemegang saham dengan hak suara multipel (SDHSM) perseroan.

Sementara Anthony, akan mengundurkan diri dari jabatan Direksi GoTo. Dia akan berfokus pada strategi e-commerce GoTo sebagai Chief Operating Officer Tokopedia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.