Dark/Light Mode

Melalui Program BUMN, Erick Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga Pekerja Di Banyuwangi

Jumat, 10 Februari 2023 16:07 WIB
Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga (tengah) dalam kegiatan BUMN bersama keluarga pekerja, di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (9/2). (Foto: Dok. PNM)
Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga (tengah) dalam kegiatan BUMN bersama keluarga pekerja, di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (9/2). (Foto: Dok. PNM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir terus berupaya mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, salah satunya yaitu PNM Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera). Program ini difokuskan untuk kalangan perempuan pelaku usaha, tidak terkecuali istri dari pekerja BUMN.

Hal ini disampaikan Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, dalam kegiatan BUMN bersama keluarga pekerja, di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (9/2). Acara dihadiri lebih dari 350 keluarga pekerja dari Perkebunan Nusantara XII, ASDP, Pelindo, dan Angkasa Pura II.

Baca juga : Gandeng BULOG, Ganjar Berupaya Tekan Angka Inflasi Dan Pastikan Ketersediaan Beras Di Jateng

“Ibu-ibu yang mau usaha atau mau mengembangkan usahanya bisa dapat pinjaman modal Rp 1 juta-Rp 4 juta tanpa agunan dari program Mekaar,” ungkap Arya, seperti keterangan yang diterima redaksi, Jumat (10/2).

Hingga saat ini, program PNM Mekaar telah membiayai lebih dari 150.000 ibu-ibu di Banyuwangi. Hal ini mendorong peningkatan jumlah perempuan mandiri di Indonesia.

Baca juga : Penuhi Kebutuhan Dunia Kerja, Tingkatkan Kompetensi Lulusan Perguruan Tinggi

“Itu seperti membuka lapangan pekerjaan baru untuk ibu-ibu, bisa usaha bikin kue, buka warung kelontong dan usaha lainnya. Sekarang ibu-ibu bisa mandiri, bantu suami,” tambah Arya.

PNM Mekaar menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia karena yang level terbawah diberikan pembiayaan untuk menjalankan atau memulai usaha. Program ini tidak memerlukan jaminan seperti permodalan lain. Untuk modal yang diberikan, menggunakan sistem tanggung renteng.

Baca juga : Gelar Program Loyalty, BNI Dongkrak Pengguna Mobile Banking

Bentuk konsistensi PNM mendukung perekonomian tergambar dari jumlah dana yang disalurkan. Hingga 31 Januari 2023, PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 208,35 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 14.128.133 juta. Saat ini, PNM memiliki 3.551 kantor layanan PNM Mekaar dan 705 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 provinsi, 513 kabupaten/kota, dan 6.657 kecamatan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.