Dark/Light Mode

Dukung Sektor Properti

Luncurkan Helpdesk Perizinan, REI Jadi Pionir

Kamis, 16 Februari 2023 08:40 WIB
Ketua Umum DPP REI, Paulus Totok Lusida saat meluncurkan Helpdesk Perizinan REI di Jakarta, Rabu (15/2). (Foto: Dok. RDPP
Ketua Umum DPP REI, Paulus Totok Lusida saat meluncurkan Helpdesk Perizinan REI di Jakarta, Rabu (15/2). (Foto: Dok. RDPP

RM.id  Rakyat Merdeka - Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) resmi meluncurkan Helpdesk Perizinan REI di Jakarta, Rabu (15/2).

Peluncuran tersebut dihadiri perwakilan kementerian/lembaga (K/L) yang mendukung penuh keberadaan helpdesk tersebut, bahkan mendorong asosiasi usaha lain untuk mengikuti jejak REI membentuk helpdesk perizinan.

“Kehadiran helpdesk perizinan ini kami maksudkan untuk mempercepat penyelesaian berbagai hambatan perizinan sektor properti yang berkaitan dengan penerapan perizinan berbasis Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA),” ujar Ketua Umum DPP REI, Paulus Totok Lusida pada acara peluncuran Helpdesk Perizinan REI, Rabu (15/2).

Baca juga : PMN Dukung Ganjar Beri Bantuan Alat Olahraga Untuk Pemuda Di Pondok Aren

REI bisa membuktikan bahwa dengan sinergi dan kerja sama aktif dengan 12 kementerian/lembaga negara yang dikoordinir Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) semua sumbatan perizinan tersebut dapat teratasi dan Undang-undang Cipta Kerja UUCK cukup aplikabel.

“Helpdesk ini sudah langsung jalan. Beberapa daerah melaporkan kalau mereka sudah terbantu dengan adanya Helpdesk Perizinan REI. Ada yang 3 tahun perizinannya tidak jelas, sekarang sudah keluar. Ada yang selama ini proses SIMBG-nya tidak bisa, sekarang sudah bisa,” jelas Totok.

Saat ini, Heldesk Perizinan REI didukung sekitar 444 orang tim relawan dari 38 provinsi di seluruh Indonesia yang siap membantu proses perizinan anggota REI.

Baca juga : Prabowo Jadi Anak Medsos

Menurut Totok, semua anggota REI bisa memanfaatkan layanan perizinan ini melalui masing-masing sekretariat dewan pengurus daerah (DPD) REI dan semua masalah perizinan akan menjadi prioritas untuk diselesaikan tim helpdesk.

Lewat helpdesk perizinan ini, REI ingin membuktikan bahwa dunia industri dan pelaku usaha harus dapat berpikir out of the box (keluar kotak/kebiasaan) dan berfokus kepada jalan keluar.

REI lebih memilih sikap membangun koordinasi dan pro-aktif menjemput bola ke semua instansi kementerian/lembaga negara yang mengurusi perizinan.

Baca juga : ALFI Pede Sektor Transportasi Dan Logistik Bergairah Tahun Ini

“Lewat terobosan helpdesk ini, kami ingin suatu saat nanti pengusaha properti itu ketika mengurus perizinan cukup datang ke asosiasi saja. Inilah yang menjadi harapan REI,” ujar Totok.

Totok menyebutkan REI sangat terbuka jika ada asosiasi properti lain atau perbankan yang ingin ikut bergabung di Helpdesk Perizinan REI.

Di kesempatan yang sama, Ketua Tim Pokja Helpdesk Perizinan REI, MT Junaedy menyampaikan terimakasih atas dukungan kementerian/lembaga negara yang sudah membantu dan mendukung terwujudnya Helpdesk Perizinan REI.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.