Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Resmikan Sekber Pekan Depan

Gerindra-PKB Harmonis Lagi

Selasa, 17 Januari 2023 08:00 WIB
(Foto: dok. Antara)
(Foto: dok. Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hubungan Partai Gerindra dan PKB yang belakangan sempat tidak akur, kini mulai harmonis lagi. Hal ini ditunjukkan dengan rencana Gerindra-PKB untuk resmikan sekretariat bersama (Sekber) koalisi, pekan depan. Semoga lancar dan selalu sakinah ya!

Sejak mengumumkan resmi berkoalisi, Agustus tahun lalu, hubungan Gerindra-PKB mengalami pasang surut. Penentuan posisi capres dan cawapres jadi pemicu belum adanya titik temu antara Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dengan Ketum PKB, Muhaimin Iskandar. Kedua bos partai masih ngotot sama-sama ingin berada di posisi capres.

Tak heran, rencana kedua partai untuk membentuk Sekber koalisi sejak akhir tahun lalu, tak kunjung terealisasi. Padahal, Sekber merupakan simbol bahwa kedua partai sama-sama serius untik berkoalisi.

Baca juga : Gerindra & PKB Duel Bukan Duet

Namun, kali ini, Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad memastikan bahwa Sekber itu akan segera terbentuk. Sekber untuk menyongsong Pemilu 2024 akan diresmikan oleh kedua partai, pekan depan.

“Kebetulan minggu depan kami akan meresmikan Sekber Gerindra-PKB pada hari Senin tanggal 23 Januari 2023,” kata Dasco, di Kompleks DPR/MPR, Senayan Jakarta, kemarin.

Bagaimana dengan posisi capres-cawapres? Wakil Ketua DPR itu menuturkan, soal capres dan cawapres masih dalam pembahasan. Berbagai masukan, akan menjadi pertimbangan Prabowo maupun Cak Imin untuk menentukan capres-cawapres. Termasuk, mempertimbangkan rekomendasi Ijtima Ulama Nusantara yang meminta Cak Imin menjadi pemimpin di 2024.

Baca juga : Muktamar Haji Bahas Kemungkinan Sembelih Hewan Dam Di Indonesia

“Kedua ketum sudah melakukan kerja politik dengan menandatangani perjanjian kerja sama, di mana capres-cawapres akan ditentukan bersama,” tegasnya.

Ketua DPP PKB, Daniel Johan mengaminkan informasi yang disampaikan Dasco. Namun, dia tidak sependapat, kalau peresmian Sekber jadi pertanda bahwa Gerindra-PKB sudah harmonis lagi.

Alasannya, sejak resmi mengumumkan berkoalisi, Gerindra-PKB hingga saat ini masih tetap harmonis. Tidak pernah ada masalah yang membuat kedua partai jadi tidak harmonis.

Baca juga : Sandi Dan Gerindra Makin Renggang

“Formula (capres-cawapres) dari awal memang sudah disepakati sejak deklarasi koalisi kok,” tandas Daniel kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Sebelumnya, Cak Imin mengakui bila koalisi yang dibangun partainya bersama Gerindra memang belum menemukan titik temu. Khususnya, dalam menentukan posisi capres-cawapres. “Belum (sepakat soal capres-cawapres). Kita akan duduk berdua, karena sampai detik ini, masing-masing ngotot jadi capres,” kata Imin, November tahun lalu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.