Dark/Light Mode

Tokoh Muda, Banyak Pengalaman

Ace Dinilai Layak Jadi Pengganti Amali

Rabu, 22 Februari 2023 22:37 WIB
Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily. (Foto: Ist)
Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasca terpilih menjadi Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Zainudin Amali memilih mundur dari kursi dari Menteri Pemuda dan Olahraga. Pengganti Amali pun dipastikan masih dari Partai Golkar. Nama Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Tb. Ace Hasan Syadzily dinilai paling tepat menggantikan Amali.

Sejumlah nama kader Golkar yang berpotensi menggantikan posisi Amali sebagai Menpora mulai disebut-sebut. Mereka adalah Ketua DPD Golkar Jawa Barat yang juga Ketua Golkar Institute Tb. Ace Hasan Syadzily, Ketua AMPG Ilham Permana, Ketua AMPI Dito Ariotedjo.

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad mengatakan, Golkar memiliki banyak kader yang potensial. Tapi presiden perlu mempertimbangkan beberapa hal. Pertama, tokoh tersebut memiliki rekam jejak yang baik di bidang olahraga dan kepemudaan. Kedua, dia adalah loyalis pemerintah.

Ketiga, dia memiliki kapabilitas yang baik. Keempat, tokoh tersebut memiliki akseptabilitas yang baik atau relatif bisa diterima oleh banyak kalangan. Kelima, dia juga memiliki integritas, tidak terkait dengan kasus pelanggaran hukum apa pun.

Baca juga : Bank Mandiri Bangun Sentra Pengolahan Beras Terpadu Di Jembrana Bali

Terkait siapa yang akan berpeluang menduduki kursi Menpora, Saidiman menilai, Ace merupakan sosok yang dianggap lebih layak dipertimbangkan. "Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Tb. Ace Hasan Syadzily, adalah kader dan tokoh muda Partai Golkar saat ini yang paling mendekati semua kriteria dan karakter tersebut,” katanya.

Menurut dia, Ace memiliki rekam jejak yang sangat baik sebagai aktivis kepemudaan. Ace juga memiliki kapasitas yang sangat baik dengan rekam pendidikan formal sampai tingkat doktoral di bidang kebijakan publik. “Ini sangat dibutuhkan untuk mendorong reformulasi dan perbaikan manajemen kebijakan di lingkungan Kemenpora, khususnya sektor olah raga. Ace juga adalah tokoh Golkar yang relatif bersih dan populer," kata Saidiman.

Selain itu, lanjut Saidiman, Ace memiliki rekam jejak sebagai aktivis, intelektual, dan politikus yang cukup aktif dalam memberikan solusi dan terobosan baru di lingkungan aktivitasnya. Hal ini bisa dilihat dari aktivitas dan terobosan pemikirannya yang hampir selalu mendapatkan liputan media.

"Kemenpora membutuhkan sosok seperti Ace yang bisa berkomunikasi dengan baik dengan publik melalui media," lanjutnya.

Baca juga : Kader Muda Banteng Ingatkan Noel Berpolitik Santun

Hal senada dikatakan Pakar Politik Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Asep Sumaryana. Menurut dia, Ace dinilai pas untuk meneruskan tali estafet Menpora. Selain sama-sama kader Golkar, Ace itu merupakan orang yang tak asing dengan presiden Jokowi.

"Pak Ace ini kan mantan juru bicara Tim Kampanye Jokowi - Ma’ruf Amin, masih muda dan cukup memiliki prestasi di bidangnya. Sebagai sesama kader Golkar, Pak Ace memang layak bila ditunjuk Presiden untuk menggantikan Pak Zaenudin Amali jadi Menpora baru," katanya.

Menurut dia, kehadiran Ace akan memberikan warna positif bagi pemajuan kepemudaan dan keolahragaan. “Dia kan mantan aktivis kampus juga pasti tahu betul arah yang diharapkan Presiden untuk kemajuan kepemudaan dan keolahragaan di tanah air,” tegasnya.

Apalagi, kehadiran Ace secara aspek intelektual tak perlu diragukan dan telah tampak dari rekam jejak politik. “Beliau ini doktor alumni Unpad didukung beragam pengalaman lainnya yang patut dibanggakan pasti cocok membawa Kemenpora ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Baca juga : Pertamina Berbagi Pengalaman Sentralisasi dan Digitalisasi Layanan ke Anak Usaha PLN

Waktunya yang relatif pendek sementara bebannya cukup berat, Kemenpora memang butuh kepemimpinan yang visioner seperti dimiliki Ace. “Sudah waktunya Kemenpora dipimpin oleh seorang muda yang punya visi kuat bagi memajukan kepemudaan dan keolahragaan ditengah waktu yang relatif pendek dengan beban cukup berat,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.