Dark/Light Mode

Raup Laba Hingga Rp 6 T, Astra Financial Optimistis Hadapi Tantangan Ekonomi Di 2023

Rabu, 8 Maret 2023 15:20 WIB
Workshop media bertajuk Bincang-Bincang Astra Financial di Menara Astra, Rabu (8/3). (Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka)
Workshop media bertajuk Bincang-Bincang Astra Financial di Menara Astra, Rabu (8/3). (Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Sedaya Multi Investama atau Astra Financial yang merupakan divisi layanan jasa keuangan PT Astra International Tbk, tahun ini siap kembali meningkatkan kinerja ke-14 unit bisnis nya di sektor keuangan.

Astra Financial sebelumnya sukses bertahan dari tantangan ekonomi global yang tinggi dan terpaan pandemi Covid-19. Ke-14 unit bisnisnya di sembilan sektor keuangan mulai dari pembiayaan konsumen, pembiayaan alat berat, modal ventura, asuransi, digital finance hingga fintech.

Baca juga : Bos BNI Optimistis Kredit Tetap Tumbuh Tinggi Di 2023

Direktur Astra Financial Handoko Liem merinci, Astra Financial membukukan peningkatan laba 22 persen menjadi Rp 6 triliun. Laba tersebut ditopang seiring dengan pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19, dan pertumbuhan sektor ritel, khususnya pada bisnis pembiayaan konsumen.

“Dari sisi aset, Astra Financial tumbuh 22,7 persen sebesar Rp 166 triliun secara year on year (yoy), yang didukung dengan 910 jaringan yang didukung oleh 34 ribu karyawan di seluruh Indonesia. Serta melayani lebih dari 25 juta konsumen hingga Desember 2022,” ucapnya dalam workshop media bertajuk Bincang-Bincang Astra Financial di Menara Astra, Rabu (8/3).

Baca juga : RAN Hingga Vina Panduwinata Ramaikan Laras Hati Mangkunegaran Musik Festival 2023

Handoko menyatakan, pada tahun lalu, Astra Financial telah meluncurkan SEVA sebuah platform pencarian mobil baru dari berbagai brand Astra (Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, dan Peugeot) yang menyesuaikan dengan kemampuan keuangan konsumen.

“Pada akhir tahun 2022, Astra Financial mengakuisisi Bank Jasa Jakarta yang akan bertransformasi menjadi bank digital inovatif di Indonesia,” ungkap Handoko.

Baca juga : Bamsoet Beri Pembekalan TNI-Polri Hadapi Tantangan Dunia Digital

Tercatat peningkatan performa bisnis Astra Financial pada 2022 antara lain, kontribusi perusahaan yang fokus pada pembiayaan konsumen meningkat sebesar 21 persen menjadi Rp 101,7 triliun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.