Dark/Light Mode

AP II Targetkan Pemulihan Penerbangan 81 Persen, Good Bye Pandemi

Jumat, 10 Maret 2023 20:37 WIB
Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II (Persero), Muhammad Awaluddin saat menyampaikan paparan dalam acara Airlines Gathering 2023 di Belitung, Bangka Belitung, Jumat (10/3). (Foto: Istimewa)
Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II (Persero), Muhammad Awaluddin saat menyampaikan paparan dalam acara Airlines Gathering 2023 di Belitung, Bangka Belitung, Jumat (10/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II (Persero), Muhammad Awaluddin optimis tahun ini pihaknya mampu melampaui target pemulihan pada sektor penerbangan hingga 81 persen.

Hal itu disampaikan Awaluddin dalam acara Airlines Gathering 2023 di Belitung, Bangka Belitung, Jumat (10/3).

"Badai Pandemi Covid-19 telah kita lewati. Pemulihan perlahan membaik. Kita berharap tahun ini tembus 81 persen penerbangan dari yang di tahun sebelumnya 62 persen," kata Awal.

Baca juga : Ganjar: Beres Sebelum Lebaran

Karena itu, dia mengajak para stakeholders untuk bahu membahu mendukung pemulihan penerbangan di bandara yang dipegang AP II.

"Pemulihan penerbangan bakal terjadi karena adanya kolaborasi," ujarnya.

Lebih lanjut, Awal membeberkan aktifitas penerbangan yang terjadi pada pra, saat, dan pasca pandemi. Dia bilang, sebelum pandemi rata-rata terjadi pergerakan penumpang 2.500 per hari.

Baca juga : Targetkan Juara Umum, Jokowi awal Tahapan Pemilu Dengan Baik

Sedangkan pada saat pandemi di 2020 merosot. Cuma tersisa 10 persen dari jumlah eksisting. Bahkan, penurunan itu berdampak pada sektor pariwisata dan ekonomi di berbagai wilayah yang dikelola pihaknya.

"Bisnis travelers, tourism termasuk visit family yang kita kelola turun luar biasa karena kena dampaknya," ungkap Awal.

Namun, kondisi tersebut tidak membuat pria berusia 51 tahun itu nyerah. Justru Awal menjadikannya peluang serta tantangan untuk terus memberikan yang terbaik bagi layanan penerbangan.

Baca juga : Gelar Rakerda, DPD Papdesi Kalsel Bahas Pengembangan Potensi Desa

"Misalnya terkait layanan di masa pandemi di mana akhirnya AP II sampai meraih penghargaan sebagai bandara terbaik kualitas layanannya dalam menerapkan protokol kesehatan. Pada 2022 AP II berhasil mencatat trafik penumpang hingga 62 juta," beber dia.

Sementara di tahun ini Awal menargetkan akan melayani hingga 73, 5 juta penumpang. Dia pun mengajak airlines untuk mengaktifkan kembali slot yang sempat dihentikan saat pandemi dan memaksimalkan rute yang sebelumnya telah ada. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.