Dark/Light Mode

Tak Sekadar Branding

Kehadiran Indonesia Di Hannover Messe 2023 Dorong Peningkatan Kapabilitas Manufaktur

Jumat, 10 Maret 2023 20:44 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional, Kementerian Perindustrian, Eko Cahyanto menyatakan, partisipasi Indonesia sebagai Official Partner Country Hannover Messe 2023 tidak hanya sebagai sebuah branding.

"Tetapi juga untuk mendorong peningkatan kapabilitas manufaktur Indonesia dan pembangunan infrastruktur digital," ujarnya dalam keterangan pers, di Jakarta, dikutip Jumat (10/3).

Direktur Kerja Sama Internasional Deutsche Messe AG, Marco Siebert mengungkapkan, Indonesia memiliki masa depan yang cerah. Sehingga bepotensi besar menjadi mitra dalam mengembangkan industri global.

Ia mengaku banyak belajar tentang Indonesia. Ternyata, Indonesia merupakan negara yang indah dengan budaya yang sangat bagus serta orang-orang yang ramah dan menyenangkan.

Baca juga : Indonesia Inisiasi Sistem Verifikasi Legalitas Kayu

"Yang terpenting Indonesia memiliki masa depan yang baik dengan banyaknya kaum muda," kata Siebert dalam Press Briefing Indonesia Partner Country Hannover Messe 2023 di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Rabu (8/3).

Hal-hal inilah yang bisa menjadi alasan bagi siapapun untuk datang ke Indonesia. Dalam industri global, katanya, pasar tidak dibangun secara individu, tetapi harus bekerja sama dan berkolaborasi.

Contohnya, kerja sama yang telah dilakukan Indonesia dengan Jerman, yang telah membuahkan hasil di sektor industri global.

Kehadiran Indonesia sebagai Official Partner Country di Hannover Messe 2023, juga menunjukkan perhatian dan harapan besar dari pihak penyelenggara dan Pemerintah Jerman, mengenai arti penting peran dan posisi Indonesia dalam kancah perekonomian global.

Baca juga : Buka Rakernas APPBI, Heru Dorong Peningkatan Kreativitas Dan Inovasi Untuk Bangkitkan Perekonomian

Khususnya di sektor industri. Hal ini dapat makin memperkuat hubungan kerja sama Indonesia dengan Jerman.

Untuk diketahui, Indonesia akan kembali melanjutkan partisipasi sebagai Official Partner Country pada pameran teknologi industri terbesar di dunia, Hannover Messe 2023, setelah sebelumnya di tahun 2021 juga menjadi Official Partner Country.

Indonesia menjadi negara ASEAN pertama sebagai partner country untuk ketiga kalinya di pameran dagang industri internasional di Jerman. Penyelenggaraan Hannover Messe 2021 sepenuhnya dilakukan secara digital, karena kondisi pandemi Covid-19.

Pada saat yang sama, Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Iklim Usaha dan Investasi, Andi Rizaldi, menegaskan, keikutsertaan Indonesia sebagai Official Partner Country sejalan dengan inisiatif strategis Making Indonesia 4.0.

Baca juga : Perempuan Pengusaha Kawal Deklarasi G20 Bali

Hal tersebut dikatakan Andi sebagai upaya Indonesia menjawab tantangan revolusi industri ke-4.

“Ini juga akan mengarah pada peningkatan keberlanjutan inklusif, bisnis startup dan pengembangan teknologi, serta untuk mendukung ekonomi sirkular,” kata Andi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.