Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Buka Rakernas APPBI, Heru Dorong Peningkatan Kreativitas Dan Inovasi Untuk Bangkitkan Perekonomian

Kamis, 23 Februari 2023 21:20 WIB
Pj. Gubernur Heru membuka acara Seminar dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Pengurus Pusat APPBI 2023 yang mengusung tema Something to do with “Creative and Innovative
Pj. Gubernur Heru membuka acara Seminar dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Pengurus Pusat APPBI 2023 yang mengusung tema Something to do with “Creative and Innovative" di Hotel Grand Hyatt, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (23/2). (Foto: PPID Pemprov DKI)

Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendorong Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi untuk membangkitkan kembali pusat perbelanjaan yang terdampak pandemi Covid-19. Hal tersebut disampaikan Pj. Gubernur Heru saat membuka acara Seminar dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Pengurus Pusat APPBI 2023 yang mengusung tema Something to do with “Creative and Innovative" di Hotel Grand Hyatt, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (23/2).

"Saya mengucapkan selamat atas terselenggaranya Rakernas APPBI tahun 2023, yang tentunya mendukung visi APPBI untuk menjadikan pusat perbelanjaan sebagai salah satu kekuatan inti dalam mendorong dan memantapkan pertumbuhan ekonomi nasional. Semoga pertemuan ini menghasilkan berbagai langkah strategis agar pusat perbelanjaan di Indonesia dapat bertahan di tengah resesi global yang sedang berlangsung," kata Pj. Gubernur Heru.

Pj. Gubernur Heru menuturkan, seiring dengan meningkatnya kesehatan masyarakat dan pulihnya perekonomian, masyarakat dapat beraktivitas kembali secara normal, sehingga diharapkan semakin meningkatkan jumlah pengunjung pusat perbelanjaan.

"Namun, ada tantangan lain bagi pusat perbelanjaan karena sebanyak 21 juta konsumen beralih dari belanja offline menjadi online. Untuk itu, diperlukan kreativitas dan inovasi untuk membangkitkan kembali pusat perbelanjaan di Indonesia," ujar Pj. Gubernur Heru.

Menurutnya, orang yang datang ke pusat perbelanjaan bukan lagi sekadar berbelanja, tetapi juga untuk melakukan interaksi sosial. Maka, pusat perbelanjaan harus dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan hal tersebut dengan menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung.

"Melalui kreativitas dan inovasi, saya berharap pusat perbelanjaan dapat semakin meningkatkan daya tarik mal dengan menghadirkan experience yang beragam. Mal seyogyanya dapat menjadi one stop solution bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, pada akhirnya akan meningkatkan transaksi perdagangan yang selama ini menjadi kontributor terbesar perekonomian Jakarta," terang Pj. Gubernur Heru.

Pj. Gubernur Heru memberikan apresiasi kepada APPBI yang telah turut serta dalam upaya pemulihan ekonomi. Salah satunya adalah dengan pemberdayaan UMKM melalui pameran produk di pusat perbelanjaan, seperti festival kuliner dan kerajinan tangan. Penyediaan ruang pameran bagi produk UMKM seperti ini diharapkan dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan.

Pj. Gubernur Heru juga berharap, APPBI terus konsisten membangun hubungan yang kuat antara anggota, pemerintah, dan stakeholder terkait melalui komunikasi dan sinergi yang dapat mendukung tercapainya peningkatan pertumbuhan perekonomian baik di Jakarta maupun nasional.

Lebih lanjut, Pj. Gubernur Heru mengajak APPBI turut menyukseskan penyelenggaraan Keketuaan ASEAN dan pertemuan para wali kota dan gubernur se-ASEAN serta pertemuan tingkat menteri yang puncaknya ada di bulan September dan Oktober tahun 2023. Mengingat, dari jumlah anggota APPBI sebanyak 388 pusat perbelanjaan, 96 di antaranya berlokasi di Jakarta.

Dalam acara yang sama, Pj. Gubernur Heru juga memberikan apresiasi kepada 15 (lima belas) perwakilan perusahaan sebagai penghargaan dan ucapan terima kasih atas upaya pengelolaan sampah kawasan mandiri. Penghargaan tersebut diberikan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2023. "Semoga ini menjadi pendorong bagi kawasan dan perusahaan lainnya," tutup Pj. Gubernur Heru.  

Baca juga : DPR Dukung Inovasi Pertanian

RM.id  Rakyat Merdeka -

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.