Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemerintah Bakal Kucurkan Bansos Di Bulan Ramadhan 2023, Cek Faktanya...

Senin, 27 Maret 2023 21:00 WIB
Ilustrasi bantuan sosial (bansos). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Ilustrasi bantuan sosial (bansos). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar penyaluran bantuan sosial (bansos) kembali beredar. Kali ini di bulan Ramadan tahun 2023. 

Namun, kabar tersebut tentu tidak boleh ditelan mentah-mentah di era disrupsi informasi yang rawan penipuan saat ini. Perlu di-cross-check lagi. Simak berikut ini faktanya.

Jika merujuk pada pernyataan Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata, memang ada bansos yang disalurkan kepada masyarakat kurang mampu pada bulan puasa Ramadhan 2023. Bansos tersebut adalah bansos pangan.

"Dikasihnya beras, bukan uang. Dari yang sudah disampaikan ke kita ini 3 kali pemberian total berasnya," kata Isa dalam media gathering di Ancol, Rabu (22/3) lalu.

Ia menargetkan bansos tersebut bisa disalurkan pada awal bulan puasa Ramadan. Yakni di bulan Maret 2023.

"Ya kalau meleset-meleset dikit ya awal April lah ya. Tapi nanti sebelum lebaran bisa dibagikan lagi. Bahwa hasil impor itu pokoknya stok yang sudah ada di Bulog," sambungnya. 

Baca juga : BI Sesuaikan Jadwal RDG Bulanan Tahun 2023

Diperkirakan ada sekitar 21,35 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang akan menerima bansos ini. Isi bansos pangan ini terdiri dari beras 10 kg, daging ayam hingga telur ayam.

Duit pemerintah yang diplot untuk bansos ini mencapai Rp 7,8 triliun untuk beras termasuk biaya pembagiannya. Lalu, Rp 45 miliar untuk telur dan daging ayam.

Lalu ditambah biaya untuk telur dan dagung ayam Rp 450 miliar. Sehingga jika ditotal anggarannya mencapai Rp 8,25 triliun.

Bansos ini digelontorkan untuk meredam kenaikan inflasi dalam waktu 3 bulan ke depan, yakni Maret, April dan Mei 2023.

Untuk mengecek apakah Anda terdaftar atau tidak dalam program bansos ini, bisa dicek melalui website maupun aplikasi.

Khusus via website, pengecekan dilakukan dengan membuka browser dan mengunjungi laman https://cekbansos.kemensos.go.id/. 

Baca juga : Petani Panen Raya, Kok Impor Lagi Sih

Selanjutnya, pengguna perlu memasukkan keterangan wilayah yang terdiri dari Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan serta nama penerima manfaat (PM) sesuai KTP dan kode verifikasi yang tertera. 

Jika data yang dimasukkan benar, maka informasi penerimaan bansos akan muncul.

Sementara itu, untuk menggunakan aplikasi Cek Bansos, pengguna perlu terlebih dahulu mengunduh aplikasi tersebut dari App Store atau Play Store dan melakukan proses verifikasi akun yang dilakukan oleh Kementerian Sosial. 

Setelah berhasil diverifikasi, pengguna dapat menggunakan akun tersebut untuk melakukan pengecekan status penerimaan bansos melalui aplikasi. 

Caranya dengan membuka aplikasi Cek Bansos, memasukkan username dan password yang sudah dibuat sebelumnya, dan memasukkan data penerima manfaat yang diminta sesuai KTP. 

Setelah itu, pengguna dapat menekan tombol "CARI DATA" untuk menampilkan informasi penerimaan bansos.

Baca juga : Berikut Update Harga Tiket Masuk Taman Safari Bogor Selama Ramadan 2023

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News . Mari bergabung juga di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.