Dark/Light Mode

Terapkan Transformasi Digital, Perusahaan-Perusahaan Ini Raih Digitech Award 2023

Kamis, 30 Maret 2023 00:26 WIB
Para pemenang Digital Technology & Innovation Award (Digitech) 2023, yang digelar Majalah Itech, di Ballroom Hotel Mulia Jakarta, Rabu (29/3). (Foto: Istimewa)
Para pemenang Digital Technology & Innovation Award (Digitech) 2023, yang digelar Majalah Itech, di Ballroom Hotel Mulia Jakarta, Rabu (29/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinilai telah mengimplementasikan anjuran Presiden Jokowi untuk menerapkan transformasi digital di Era Industri 4.0 pada core business dan pelayanan, sebanyak 27 perusahaan BUMN, 5 BUMD, dan 4 swasta mendapatkan penghargaan di ajang Digital Technology & Innovation Award (Digitech) 2023, di Ballroom Hotel Mulia Jakarta, Rabu (29/3). Acara ini diselenggarakan Majalah Itech yang bekerja sama dengan FORTI BUMN, Ristek Dikti, Dewan Riset Nasional, Badan Riset dan Indonesia Nasional (BRIN).

Acara yang mengangkat tema “Prioritizing Digital Technology Transformations to Win The Global Competition in a Post-pandemic World” ini didukung para pakar dan profesional bidang Information and Communication Technology (ICT), Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, Riset dan Inovasi. Tujuan event ini adalah untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi ICT serta inovasi perusahaan, terutama dalam menghadapi perubahan perkembangan dunia bisnis.

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional yang menjadi Dewan Juri Digitech Award 2023, perusahaan-perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan digital teknologi dalam melakukan transformasi bisnis yang dijalankan perusahaan. Sehingga perusahaan tersebut dapat bertahan dan memberikan pelayanan yang prima untuk customer di seluruh Indonesia.

Baca juga : Literasi Digital, Keniscayaan Yang Harus Segera Ditanggapi Negara

Ketua Penyelenggara Digital Technology & Innovation Award 2023 Irnanda Laksanawan menjelaskan, event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang ICT, pengembangan digital, dan Innovation. Ia menerangkan, tujuan award untuk mendapatkan perusahaan yang unggul dan cepat menyesuaikan diri terhadap tantangan yang terus berkembang dalam dunia teknologi.

Irnanda menerangkan, saat ini waktunya membuktikan implementasi transformasi digital sebagai penyelamat ekonomi, bisnis, dan pelayanan masyarakat. Sebab, melalui transformasi digital, perusahaan bisa mendapatkan cara pandang baru dalam mengelola perusahaan, mengoptimalkan operasional perusahaan, serta mengubah model bisnis menjadi lebih efisien.

“Di era Industri 4.0 ini, teknologi digital bukan lagi sebuah pendukung bagi kehidupan, tapi sudah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari. Mau komunikasi, makan, belanja ini itu, bayar tagihan, transfer, belajar, dan kebutuhan lainnya kini sudah tak repot-repot lagi. Cukup klik di perangkat digital kita yang tersedia di Android atau IOS kita masing-masing,” terangnya.

Baca juga : Dukung Transformasi Pendidikan, Perkumpulan Sekolah SPK Gelar Roadshow Di 8 Kota

Digital Technology & Innovation Award 2023 ini diikuti sekitar 400 perusahaan BUMN, BUMD, dan swasta yang menjadi nominasi. Dewan juri bersama tim penyelenggara telah menyaring, menyeleksi, mengevaluasi kinerja maupun Digital Technology & Innovation dari perusahaan-perusahaan tersebut, dan hanya sekitar 40 perusahaan yang memenuhi syarat yang diundang untuk memberikan presentasi maupun wawancaranya. Hasilnya, 36 perusahaan terbaik yang terpilih dewan juri sebagai pemenang.

Pemenang Digital Technology & Innovation Award 2023
5 Star Diamond

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT PLN (Persero)
PT Petrokimia Gresik
PT Pegadaian
PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma)

5 Star Gold
PT Cogindo Dayabersama
Perum Perhutani
Perum Bulog
PT Waskita Karya (Persero) Tbk
PT Permodalan Nasional Madani
PT PLN Indonesia Power
PT Pos Indonesia (Persero)
PT Pertamina Hulu Energi

Baca juga : Kelola 180 Juta Transaksi Digital, Aviana Kembangkan Teknologi AI

5 Star Silver
PT Bipo Service Indonesia
PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk
PT PAL Indonesia (Persero)
PT Bank DKI
PT Timah Tbk
PT ITSEC Asia
PT Pupuk Kujang
PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara
PT Bank Artha Graha Internasional Tbk
Indonesia Financial Group
PT Jasa Raharja

5 Star Bronze
PT Petrokimia Kayaku
PT Citilink Indonesia
PT Krakatau Steel (Persero) Tbk
PT Berdikari
PT IPC Terminal Petikemas
PT Bank Pembangunan Daerah Bali
PT Waskita Beton Precast Tbk
PT WIR Asia Tbk

4 Star Diamond
PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah
PT Sarinah
PT Krakatau Tirta Industri.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.