Dark/Light Mode

Tingkatkan Kualitas SDM, SKK Migas Kembali Gelar IHRS 2023 Di Bali

Kamis, 30 Maret 2023 00:46 WIB
Pertemuan prestisius praktisi sumber daya manusia lewat Indonesia Human Resource Summit (IHRS) pada tahun 2022.
Pertemuan prestisius praktisi sumber daya manusia lewat Indonesia Human Resource Summit (IHRS) pada tahun 2022.

RM.id  Rakyat Merdeka - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) kembali menggelar Indonesia Human Resource Summit (IHRS) 2023. 

Forum penting bagi praktisi sumber daya ini bertujuan untuk menciptakan, membuat dan memformulasikan langkah dan upaya yang bisa dilakukan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, baik secara individual maupun institusional.

Pertemuan prestisius praktisi sumber daya manusia dengan tema ‘Redefining Human Capital Inspiring People to Take Action akan di gelar pada 19-20 Juni di Bali Nusa Dua Convention Center.

Kegiatan tersebut, sejalan dengan arahan Pemerintahan Presiden Jokowi yang menitikberatkan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia sebagai program prioritas Kabinet Indonesia Maju, setelah sebelumnya infrastruktur menjadi prioritas yang utama

Baca juga : Orang Muda Ganjar Pasuruan Gelar Parade Puisi

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto mengungkapkan, untuk meningkatkan sumber daya manusia diperlukan perubahan dalam pola pikir. 

“Kita perlu merubah pola pikir agar maju dan segera keluar dari zona nyaman,” ujar Dwi dalam keterangannya, Rabu (29/3). 

Ia mengatakan, IHRS merupakan ajang pertemuan yang sangat tepat untuk membahas dan menerapkan karakter serta sikap B.I.G guna mendorong setiap individu, perusahaan dan bangsa menjadi jauh lebih maju. 

Selain itu, lanjut Dwi, karakter serta sikap bold dalam perspektif sumber daya manusia cenderung mengacu pada konsep berani mengambil risiko dan menerapkan ide-ide inovatif dalam suatu organisasi.  Yang termasuk dalam perspektif ini adalah pelibatan pembangunan budaya kepemimpinan, rasa berani dalam  bekerja, dan pemberdayaan karyawan untuk berbicara serta mengambil tindakan.
 
“Memiliki integritas yang mengacu pada sikap jujur, menjunjung etika, dapat dipercaya dalam mengambil tindakan dan berani mengambil keputusan. Integritas dianggap sebagai nilai inti yang memadukan perilaku dan budaya organisasi. 

Baca juga : Jamin Pasokan Listrik Di Sulsel, SKK Migas Instruksikan Pengaliran Gas Sengkang

Sedangkan Great mengandung makna peralihan dari baik hingga menjadi hebat, bagaimana menjadi manusia-manusia yang hebat dan mampu untuk memberikan kontribusi signifikan bagi perusahaan dan bangsa. 

“Hebat bukan saja dalam skill, namun juga memiliki pengetahuan yang luas serta adaptif terhadap teknologi mutakhir,” tegasnya. 

Kemudian, penerapan teknologi digital. Teknologi adalah hal yang tidak dapat dihindari, saat ini beragam kegiatan dapat dilakukan melalui telepon genggam, seperti bersosialisasi, melakukan transaksi perbankan, membeli dan menjual sesuatu bisa dilakukan hanya melalui ponsel. 

Oleh karena itu, peningkatan kualitas SDM juga perlu difokuskan dalam memanfaatkan, mengembangkan, dan menguasai teknologi yang berwawasan lingkungan. Di mana penguasaan teknologi menjadi kunci untuk memberikan nilai tambah terhadap proses-proses yang selama ini dilakukan di perusahaan atau instansi. 

Baca juga : Pastikan Kualitas Makanan Tahanan, KPK: Tidak Benar Lukas Enembe Diberikan Ubi Busuk

“Digitalisasi dan penggunaan Artificial Intelligence (AI) adalah suatu keharusan. Seluruh sektor dan bidang usaha dapat mengikuti kegiatan ini, mulai dari minyak dan gas, perbankan, manufaktur, otomotif, jasa, keuangan dan beragam sektor lainnya sangat diharapkan dapat berpartisipasi, mengingat hasil dari pertemuan ini akan dijadikan sebagai acuan dan patokan untuk menghadapi masa mendatang yang kompleks,” jelasnya. 

Dalam perhelatan ini, IHRS akan dibagi dalam beberapa sesi pertemuan yang memudahkan peserta untuk berinteraksi dan saling berbagi ide untuk kemudian disajikan dan diimplementasikan dalam lingkup tugas masing-masing. 

Sedikitnya 1000 orang peserta akan menghadiri kegiatan ini yang berasal dari beragam bidang kerja dan industri, baik dari dalam maupun luar negeri. Nantinya, peserta yang terpilih berhak mempresentasikan hasil studi dan pemikirannya di depan peserta lainnya, pejabat, dan pembicara asing dalam forum ini.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.