Dark/Light Mode

Rupiah Masih Melorot Pagi Ini

Kamis, 30 Maret 2023 10:01 WIB
Rupiah dan dolar AS. (Foto: Ist)
Rupiah dan dolar AS. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pagi ini, nilai tukar rupiah kembali loyo. Rupiah dibuka pada level Rp 15.075 per dolar AS atau 0,13 persen dibandingkan penutupan perdagangan kemarin, Rp 15.055 per dolar AS.

Mata uang Asia juga dibuka bervariasi pagi ini. Yuan China naik 0,19 persen, dolar Singapura turun 0,02 persen, ringgit Malaysia stagnan, dan peso Filipina naik 0,04 persen. Yen Jepang naik 0,16 persen, baht Thailand turun 0,04 persen, dan won Korea Selatan turun 0,16 persen.

Baca juga : Rupiah Melemah Tipis Pagi Ini

Sementara, mata uang utama negara maju mayoritas melemah. Poundsterling Inggris turun 0,06 persen, euro Eropa melemah 0,04 persen, franc Swiss turun 0,07 persen, dolar Australia minus 0,09 persen, dan dolar Kanada turun 0,06 persen.

Analis Senior dari DCFX, Lukman Leong melihat, nilai tukar rupiah akan menguat hari ini karena ditopang oleh sentimen risk on di pasar. Selain itu, aliran modal asing masuk ke Surat Berharga Negara (SBN) masih akan terus mendukung rupiah.

Baca juga : Rupiah Dibuka Cerah Pagi Ini

"Melihat penguatannya, rupiah masih terbatas oleh penguatan dolar AS. Namun dengan meredanya kekhawatiran pada krisis perbankan, maka The Fed akan kembali hawkish dan fokus pada usaha memerangi inflasi," jelasnya di Jakarta, Kamis (30/3).

Ia memproyeksi, nilai tukar rupiah akan bergerak di kisaran Rp 15.000-Rp 15.100 per dolar AS. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.