Dark/Light Mode

Rupiah Dibuka Cerah Pagi Ini

Selasa, 28 Maret 2023 10:02 WIB
Rupiah dan dolar AS. (Foto: Ist)
Rupiah dan dolar AS. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pagi ini nilai tukar rupiah dibuka menguat 0,31 persen ke level Rp 15.116 per dolar Amerika Serikat (AS) dibanding penutupan perdagangan kemarin di level Rp 15.163 per dolar AS. 

Pergerakan mayoritas mata uang di Asia bervariasi terhadap dolar AS. Yuan China minus 0,21 persen, dolar Singapura menguat 0,18 persen, baht Thailand naik 0,27 persen, ringgit Malaysia naik 0,71 persen, yen Jepang melonjak 0,56 persen, won Korea Selatan melesat 0,58, dan peso Filipina minus 0,09 persen.

Baca juga : Modus Buka Bersama Rahwana

Indeks dolar AS terhadap mata uang saingannya turun 0,22 persen ke level 102,29. Sementara nilai tukar rupiah terhadap euro menguat 0,17 persen ke level Rp 16.321, terhadap poundsterling Inggris menguat 0,11 persen ke level Rp 18.582, dan terhadap dolar Australia minus 0,18 persen ke level Rp 10.083.

Direktur Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Assuaibi mengatakan, penguatan rupiah hari ini juga didorong momentum Ramadan dan jelang hari raya Idul Fitri nanti, yang diperkirakan akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut akan meningkatkan permintaan serta gelontoran uang beredar yang bisa menjadi tambahan bahan bakar bagi pertumbuhan ekonomi. 

Baca juga : Stop Korupsi Di Daerah

“Selain itu, pandemi Covid-19 yang kian longgar juga bakal mendorong kenaikan angka pemudik ke daerah. Hal ini pun turut memberi dampak positif pada pertumbuhan ekonomi karena akan ada perputaran uang dari para pemudik yang datang dari kota besar ke daerah,” ungkapnya dalam riset, Selasa (28/3).

Ia pun memproyeksi, pergerakan nilai tukar rupiah sepanjang hari ini berfluktuatif namun ditutup melemah di rentang Rp 15.150 hingga Rp 15.200 per dolar AS.

Baca juga : Awal Pekan, Rupiah Masih Kurang Tenaga

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RMid. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.