Dark/Light Mode

Di Tengah Tantangan Suplai Petrokimia, Barito Pacific Bukukan Laba Rp 479,10 Miliar

Sabtu, 1 April 2023 17:49 WIB
Barito Pasific berhasil bukukan laba Rp 479,1 miliar. (Foto: Dok. Barito Pasific)
Barito Pasific berhasil bukukan laba Rp 479,1 miliar. (Foto: Dok. Barito Pasific)

 Sebelumnya 
Sejalan dengan pendapatan yang melambat, EBITDA konsolidasi perusahaan turun dari 797 juta dolar AS menjadi 475 juta dolar AS. Sebagian karena tidak adanya pemulihan margin di segmen petrokimia dengan fundamen yang berasal dari segmen panas bumi.

"Yang menyebabkan margin EBITDA tergerus menjadi 16.05 persen dari 25.26 persen pada tahun sebelumnya," rincinya.

Untuk itu, sambung Agus, Perusahaan juga tetap mempertahankan profil likuiditas yang besar sebagai penyangga terhadap masa-masa yang tidak pasti.

Baca juga : Chandra Asri Petrochemical Kantongi Pendapatan Bersih Rp 35,7 Triliun

Agus merinci, bahwa posisi utang terhadap modal perusahaan di 2022 mencapai 51.,6 persen dan utang bersih terhadap ekuitas sebesar 0,63 kali, yang menunjukkan profil keuangan yang sehat untuk mendukung ekspansi dalam beberapa tahun ke depan. Kemudian pada tahun 2022 juga,

Barito Pacific merealisasikan rencana konkret untuk memperkuat posisi perusahaan dan memanfaatkan peluang melalui pembentukan Barito Renewables Energy (BREN).

"BREN akan memungkinkan manajemen untuk memperluas cakupan portofolio energi terbarukan, dan memperluas sumber daya pendanaan perusahaan," tegas Agus.

Baca juga : Ramadan dan Idul Fitri, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 49,6 Triliun 

Selain pembentukan BREN, perusahaan juga telah menyelesaikan konsolidasi aset panas bumi dengan menambah kepemilikan efektif mayoritas di aset Wayang Windu, Salak, dan Darajat.

Penyelesaian restrukturisasi grup dan konsolidasi aset menandai tonggak sejarah untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang BRPT di sektor energi terbarukan.

Terakhir, sebagai apresiasi perusahaan kepada pemegang saham Barito Pacific atas dukungannya yang berkelanjutan, manajemen telah menyelesaikan pembagian saham bonus dengan rasio masing-masing 475 saham untuk 2 saham bonus. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.