Dark/Light Mode

SKK Migas Pastikan Lifting Minyak di Kilang Dumai Aman dan Lancar

Senin, 3 April 2023 20:59 WIB
Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) S Dwi Soetjipto. (Foto: Dok. SKK Migas)
Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) S Dwi Soetjipto. (Foto: Dok. SKK Migas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) S Dwi Soetjipto menyampaikan keprihatinannya atas ledakan di Kilang Dumai pada Sabtu (1/4). Dwi berharap agar situasi dapat pulih kembali.

Menurut Dwi, SKK Migas telah melakukan koordinasi dan pengawasan di lapangan untuk memastikan bahwa kegiatan lifting di Kilang Dumai berjalan dengan aman dan lancar.

Baca juga : Banteng Dan Relawan Ganjar Nggak Gusar

SKK Migas juga telah mengantisipasi dampak operasi di hulu migas. Meskipun kejadian terjadi di kegiatan hilir, namun karena hulu migas yang menyalurkan minyak ke Kilang tersebut, maka perlu segera dipastikan tidak ada kendala yang dapat mengganggu penyaluran minyak ke kilang yang berdampak langsung pada lifting minyak nasional.

Ke depan, Dwi mengharapkan agar dapat dilakukan analisa secara komprehensif agar tidak terjadi lagi, baik di kilang minyak Dumai itu sendiri maupun di kilang-kilang lainnya.

Baca juga : PLN Pastikan Pasokan Listrik Sumatera Aman Selama Ramadan

“Fungsi-fungsi teknis di SKK Migas pusat dan SKK Migas perwakilan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) serta Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang memasok minyak ke Kilang Dumai telah mengambil langkah-langkah lanjutan untuk memastikan tidak ada kendala dalam kegiatan lifting dan operasional hulu migas tetap berjalan seperti sedia kala,” ujar Dwi dalam keterangannya, Senin (3/4). 

Lebih lanjut Dwi menginformasikan bahwa SKK Migas telah melakukan koordinasi dengan Kilang Pertamina Internasional (KPI) Dumai untuk memastikan kegiatan lifting berjalan lancar dan aman.

Baca juga : Zulhas: Harga Pangan Stabil Di Awal Ramadan

 Saat kejadian dimana sempat dilakukan penghentian sementara untuk loading/transfer selama 6 jam 30 menit. Namun mulai Minggu (2/4)  pukul 05.20 WIB, kegiatan loading/transfer berjalan secara normal kembali.

SKK Migas juga telah menurunkan personil untuk melakukan inspeksi langsung ke lapangan dan dapat disampaikan bahwa perkembangan terkini loading line untuk lifting di Kilang Dumai milik KKKS PHR Rokan tidak terdampak kejadian dan semua dalam kondisi baik. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.