Dark/Light Mode

BTN Siapkan Uang Tunai Rp 25,80 T Untuk Kebutuhan Lebaran

Senin, 10 April 2023 11:00 WIB
Bank BTN menyiapkan uang tunai untuk Lebaran. (Foto: Ist)
Bank BTN menyiapkan uang tunai untuk Lebaran. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN menyiapkan uang tunai sebesar Rp 25,80 triliun untuk memenuhi kebutuhan nasabah selama Idul Fitri 2023. Dana tersebut dialokasikan mulai 13-26 April 2023. 

Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu mengatakan, perseroan menaikkan alokasi uang tunai di masa menjelang dan sesudah Lebaran mengingat peningkatkan mobilitas masyarakat di periode tersebut. Kenaikan alokasi uang tunai tersebut, mencapai 1,3 kali dibanding kondisi normal harian saat ini senilai Rp1,72 triliun. 

Baca juga : Ramadan dan Idul Fitri, BSI Siapkan Uang Tunai Rp 37,6 Triliun

“Uang tunai tersebut akan kami alokasikan untuk mesin ATM dan kas pada seluruh outlet Bank BTN sehingga nasabah Bank BTN dapat bertransaksi dengan nyaman,” jelas Nixon di Jakarta, Senin (10/4).

Tercatat sebanyak 30 persen dari total dana atau sebesar Rp 7,74 triliun akan digunakan untuk pengisian mesin ATM BTN yang tersebar di seluruh Indonesia. Kemudian, sebesar 70 persen dari total dana tersebut atau senilai Rp 18,06 triliun akan dianggarkan untuk kas pada seluruh jaringan kantor BTN. 

Baca juga : Arus Mudik Meningkat, Pertamina Jamin Kebutuhan Energi Selama Lebaran

"BTN juga melakukan operasional terbatas untuk beberapa jaringan kantor perseroan. Pemberlakuan operasional terbatas tersebut untuk tetap memenuhi kebutuhan masyarakat atas layanan perbankan," ujarnya.

Nixon menuturkan, nasabah juga dapat memanfaatkan layanan lengkap dari BTN Mobile untuk bertransaksi cashless di masa libur Lebaran. Aplikasi BTN Mobile tersebut memiliki layanan lengkap dan terhubung dengan ekosistem perumahan yang mempermudah masyarakat mengakses layanan terkait hunian. 

Baca juga : Ramadan dan Idul Fitri, BCA Siapkan Uang Tunai Rp 69,48 Triliun

Selain BTN Mobile, BTN juga memiliki portal www.btnproperti.co.id dan www.rumahmurahbtn.co.id. Dengan dua portal tersebut, masyarakat dapat mencari hunian baru atau second sekaligus mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di manapun dan kapanpun. 

Sementara itu, hingga Desember 2022, BTN tercatat memiliki 736 jaringan kantor dan 57 outlet prioritas. Selain itu, BTN juga memiliki lebih dari 2 ribu ATM yang tersebar di seluruh Indonesia.  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.