Dark/Light Mode

Survei ISC: Elektabilitas Prabowo Terus Melejit Tinggalkan Ganjar Dan Anies

Senin, 10 April 2023 23:06 WIB
Menhan Prabowo Subianto. (Foto: Ist)
Menhan Prabowo Subianto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei Indonesia Survey Center (ISC) merilis temuan survei nasional elektabilitas capres jelang pemilu 2024. Hasilnya, nama Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto kokoh di puncak klasemen.

Peneliti senior ISC, Chairul Ansari memberi dua pertanyaan tertutup dan terbuka tentang tokoh yang akan dipilih masyarakat jika pemilu dilakukan hari ini. Pada pertanyaan tertutup, Prabowo meraih 33,5 persen suara masyarakat. 

Angka ini jauh meninggalkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang harus puas di posisi kedua dengan suara 18,4 persen dan hanya selisih 0,2 persen dari mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang hanya meraup suara sebanyak 18,2 persen.

Baca juga : Survei Voxpopuli: Elektabilitasnya Tembus 23,3 Persen, Prabowo Ungguli Ganjar

Hasil serupa juga terlihat pada pertanyaan sama yang dilontarkan secara terbuka. Prabowo memimpin bursa capres dengan 38,8 suara. Ganjar tertinggal jauh dengan perolehan suara sebanyak 20,4 persen dan Anies 19,7 persen.

Chairul pun mengungkap sejumlah alasan di balik melambungnya elektabilitas Prabowo di kancah politik tanah air. Menurutnya, kinerja Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan yang dinilai baik menjadi yang utama. 

Kemudian, alasan itu disusul dengan sinyal dukungan Presiden Jokowi yang menurutnya terus menguat. Hal itu menurut Chairul menjadi pedoman bagi loyalis Jokowi untuk merapatkan barisan kepada Prabowo.

Baca juga : Survei ISC: Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies

"Sikap Prabowo yang bergabung ke pemerintahan Jokowi-Maruf juga. Di kalangan pemilih Jokowi, dia (Prabowo) dinilai sebagai pemersatu bangsa. Sementara di sisi pemilih Prabowo, mereka mulai memahami bahwa ini adalah momen guyub," kata Chairul.

Tak hanya soal elektabilitas, Ketua Umum Partai Gerindra itu juga menempati posisi nomor satu  sosok paling populer dan disukai publik. Pada dua indikator tersebut, nama Prabowo tetap unggul meninggalkan 11 tokoh lain yang dinilai dapat melanjutkan estafet kepemimpinan Jokowi.

Indonesia Survey Center melaksanakan surveinya sepanjang 27 Maret-6 April 2023. Lembaga survei ini menggunakan metode direct interview untuk pengumpulan data kepada 1.520 responden yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.