Dark/Light Mode

Survei Teranyar LSI

Prabowo Rebound, Ganjar Anjlok, Anies Anteng

Minggu, 9 April 2023 16:21 WIB
Dari kiri: Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan (Foto: Istimewa)
Dari kiri: Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil riset teranyar Lembaga Survei Indonesia (LSI) bertema Kepercayaan Publik Terhadap Lembaga Penegakan Hukum, Isu Piala Dunia U-20, Aliran Dana Tak Wajar di Kemenkeu, Dugaan Korupsi BTS, dan Peta Politik terkini yang dirilis Minggu (9/4), menempatkan Prabowo Subianto dalam peringkat teratas capres dalam simulasi tiga nama, dengan angka 30,3 persen.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan PhD menyebut, pencapaian Ketua Umum Partai Gerindra itu terjadi untuk pertama kalinya dalam setahun terakhir. Meski keunggulannya belum terlalu signifikan dibanding dua rival dekatnya: politisi PDIP Ganjar Pranowo (26,9 persen) dan Capres NasDem Anies Baswedan (25,3 persen).

Djayadi mengungkap adanya tren penurunan elektabilitas yang dialami Ganjar. Suara pendukungnya anjlok 8 persen dalam dua bulan terakhir, dari 35 persen ke 26,9 persen.

Baca juga : Warga Sukabumi Senang Diajarkan Kowarteg Dukung Ganjar Masak Bihun Khas Warteg

 

Tren penurunan elektabilitas Ganjar Pranowo (garis merah) dalam simulasi tiga nama capres, menurut survei LSI yang dirilis Minggu (9/4). (Foto: YouTube)

 

“Yang menarik, penurunan 8 persen itu tampaknya belum diambil atau belum berpindah ke Prabowo atau Anies,” kata Djayadi dalam keterangan virtual, Minggu (9/4).

Baca juga : Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies

Elektabilitas Prabowo naik 3,6 persen dari 26,7 persen. Sementara Anies, cenderung anteng alias stabil. Hanya mengalami penguatan sedikit, sebesar 1,3 persen.

Djayadi bilang, secara sederhana, penurunan 8 persen suara yang dialami Ganjar, terpecah ke kelompok responden yang menjawab tidak tahu/tidak menjawab (undecided), sebagian ke Prabowo, dan sedikit ke Anies.

“Itu dugaan. Poin utamanya, terjadi penurunan signifikan. Tampaknya, terjadi perpindahan suara dari Ganjar ke Prabowo, meskipun belum sebanyak angka penurunannya,” bebernya.

Baca juga : Survei PolMark: Elektabilitas 22,8 Persen, Ganjar Ungguli Prabowo Dan Anies

Survei terbaru LSI yang dijalankan pada 31 Maret – 4 April 2023 ini melibatkan 1.229 responden yang terpilih melalui metode random digit dialing (RDD). Margin of error survei diperkirakan ada di angka 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.