Dark/Light Mode

Survei Voxpopuli: Elektabilitasnya Tembus 23,3 Persen, Prabowo Ungguli Ganjar

Senin, 10 April 2023 18:59 WIB
Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. (Foto: Ist)
Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Voxpopuli Research Center mencatat elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mencapai 23,3 persen. Sementara,  elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 22,5 persen dan Anies Baswedan 18,2 persen.

“Prabowo unggul melawan Ganjar pada bursa capres, dan keduanya meninggalkan Anies di posisi tiga besar,” ujar peneliti senior Voxpopuli Research Center, Prijo Wasono dalam keterangan yang diterima pada Senin (10/4).

Baca juga : Survei ISC: Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies

Prijo menjelaskan, unggulnya elektabilitas Prabowo atas Ganjar tersebut mengindikasikan terjadinya pergeseran dukungan dari pemilih loyalis Jokowi. Apalagi, dalam beberapa waktu kemarin, Prabowo dan Jokowi berdampingan saat melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah.

Endorsement Jokowi terhadap Prabowo tampak menguat,” terangnya.

Baca juga : Prabowo Naik, Ganjar Rontok

Sementara itu, nama Anies yang sempat mendapatkan elektabilitas tinggi kini mengalami stagnan atau malah menurun karena tidak jelasnya kapan deklarasi resmi ketiga partai anggota KPP.

Survei Voxpopuli Research Center dilakukan pada tanggal 25-31 Maret 2023 terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) mewakili seluruh provinsi di Indonesia dengan margin of error survei +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.