Dark/Light Mode

Survei MIPOS

Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies

Rabu, 5 April 2023 14:52 WIB
Menteri Pertahanan/Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (Foto: Instagram Prabowo)
Menteri Pertahanan/Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (Foto: Instagram Prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Merdeka Institute for Public Opinion Survey (MIPOS) merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas tokoh-tokoh nasional yang digadang-gadang akan maju di Pilpres 2024, Rabu (5/4). Survei ini dilakukan untuk mengukur dampak batalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 terhadap elektabilitas kandidat capres.

Hasilnya, nama Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di peringkat pertama dengan 33,6 persen. Posisi kedua ditempati mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 21,5 persen. Sedangkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melorot ke posisi tiga dengan 16,8 persen. Posisi keempat ditempati Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 6,9 persen. Sedangkan posisi kelima diduduki Menparekraf Sandiaga Uno dengan 4,5 persen.

Baca juga : Relawan Optimistis Elektabilitas Ganjar Tetap Meroket

Peneliti senior MIPOS Yuyun Andriani menerangkan analisis mengenai melorotnya elektabilitas Ganjar di survei tersebut. Pertama, publik memandang Ganjar tidak konsisten dalam pelaksanaan Piala Dunia U-20. Awalnya komitmen untuk menyukseskan Piala Dunia U-20 itu, tapi kemudian menolak kehadiran Timnas Israel.

Kedua, penolakan Ganjar pada Timnas Israel dipandang lebih bermuatan politik elektoral menghadapi Pemilu 2024. Ketiga, Ganjar dan pihak-pihak yang menolak Timnas Israel dianggap tidak menghargai kerja keras jajaran pemerintahan Presiden Jokowi dalam mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Baca juga : Survei PolMark: Elektabilitas 22,8 Persen, Ganjar Ungguli Prabowo Dan Anies

Dalam analisis MIPOS, kekecewaan publik terhadap Ganjar secara elektoral menguntungkan Prabowo. Prabowo cenderung mendapatkan tone positif dari netizen dan menjadi pilihan untuk presiden mendatang.

“Prabowo nampaknya menjadi alternatif dari para pendukung Ganjar yang marah dan kecewa, yang mereka hampir tidak mungkin berpaling ke Anies Baswedan,” terang Yuyun.

Baca juga : Elektabilitas Prabowo Naik Efek Endorsement Jokowi

Survei ini dilakukan MIPOS pada 29 Maret-3 April 2023. MIPOS menggunakan metodologi telesurvey terhadap 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi. Margin of error survei ini plus minus 2,83 persen pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.