Dark/Light Mode

Buruan Daftar, Kuota Motis Via Kereta Sisa 20 Persen

Selasa, 11 April 2023 09:26 WIB
Ilustrasi motor yang akan diangkut via kereta api, melalui Program Motis 2023. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi motor yang akan diangkut via kereta api, melalui Program Motis 2023. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar baik buat Anda yang berencana ikut Program Angkut Motor Gratis (Motis) Lebaran via kereta api, yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Karena kuota program yang telah dibuka sejak 1 Maret lalu dan akan ditutup pada 3 Mei mendatang, masih tersisa 20 persen.

Total motor yang terdaftar Program Motis 2023, baru berjumlah 7.359.

Pemberangkatan perdana untuk arus mudik, dijalankan mulai Senin (10/4).

Baca juga : KPK Cuma Boyong 8 Orang Ke Jakarta, Sisanya Diperiksa Di Pekanbaru

Info ini disampaikan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Djarot Tri Wardhono, dalam konferensi pers di Kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (10/4).

"Sudah ada 7.300-an motor yang terdaftar dari total kapasitas 10.440. Kira-kira, masih ada kuota 20 persen yang belum kita penuhi," jelas Djarot.

Antusiasme masyarakat mengikuti Program Motis 2023, terbilang cukup tinggi. Ini terlihat dari tingginya angka distribusi setiap lintas.

Baca juga : OTT Bupati Meranti, KPK Juga Tangkap Ketua Tim BPK Perwakilan Riau

Di lintas utara, terdaftar 2.448 motor dengan rincian 1.304 saat mudik dan 1.144 saat balik. Di lintas tengah, tercatat 3.518 motor dengan rincian 1.747 saat mudik dan 1.771 saat balik. Di lintas selatan, terdata 1.393 motor dengan rincian 690 saat mudik dan 703 saat balik.

"Lintasan yang cukup favorit adalah Stasiun Kutoarjo, Stasiun Purwosari, dan Stasiun Semarang Tawang," beber Djarot.

Terkait hal ini, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal menuturkan, Program Motis Lebaran 2023 berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena motor dan pemiliknya, berada dalam satu rangkaian kereta.

Baca juga : Pustakawan Diminta Lebih Giat Kembangkan Perpustakaan

Selain itu, pemudik yang ikut Program Motis berhak mendapatkan tiket kereta api dengan harga yang sangat murah. "Rp 10 ribu untuk jarak 300 km dan Rp 20 ribu di atasnya," ujar Risal.

Tak sulit mendaftar Program Motis Lebaran 2023. Anda cukup menyediakan KTP, SIM, Kartu Keluarga, dan STNK. Spesifikasi motor yang diizinkan diangkut, harus di bawah 200 cc. Pendaftaran dapat dilakukan melalui https://mudikgratis.dephub.go.id.

Ayo tunggu apalagi, buruan daftar!! ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.