Dark/Light Mode

Gandeng Semen Indonesia, Pelindo III Perkuat Logistik

Rabu, 28 Agustus 2019 12:43 WIB
Direktur Utama Pelindo III Doso Agung (Kiri) berjabat tangan dengan Direktur Utama Semen Indonesia Hendi Prio Santoso usai melakukan Perjanjian Kerja Sama.
Direktur Utama Pelindo III Doso Agung (Kiri) berjabat tangan dengan Direktur Utama Semen Indonesia Hendi Prio Santoso usai melakukan Perjanjian Kerja Sama.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III dan Semen Indonesia melakukan sinergi BUMN dengan memulai kerja sama di tiga bidang sekaligus, yaitu logistik, energi, dan kepelabuhanan. 

Perjanjian kerja sama (PKS) tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama Pelindo III Doso Agung dan Direktur Utama Semen Indonesia Hendi Prio Santoso. 

“Sinergi BUMN ini dilandasi sharing expertise (berbagi keahlian) agar dapat memberikan added value (nilai lebih) pada bisnis masing-masing, antara Pelindo III di bidang kepelabuhanan dengan Semen Indonesia sebagai produsen semen besar nasional," kata Dirut Pelindo lll Doso Agung dalam keterangan resminya, Rabu (28/8).

Baca juga : Di Swiss, Indonesia Panen Mendali Di Kejuaraan Badminton

Doso menambahkan, Pelindo III memiliki kemampuan dan fasilitas di sektor logistik pelabuhan yang dapat mendorong distribusi dari produk-produk Semen Indonesia ke pelosok negeri. 

Kemudian dari sisi energi, lanjut Doso, inovasi Pelindo III untuk menyediakan fasilitas shore connection atau sumber energi listrik untuk kapal sandar di dermaga.

Menurutnya, fasilitas ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk mensuplai energi listrik pada crane bongkar muat yang ada di kapal pengangkut muatan milik Semen Indonesia, sehingga bisa lebih menghemat biaya operasional.

Baca juga : Cegah Kebocoran Informasi Negara, Pemerintah Kudu Perkuat Keamanan IT

"Karena energi listrik lebih efisien daripada menggunakan bahan bakar minyak untuk diesel mesin tambahan kapal saat sandar,” ujarnya.

Doso menambahkan, Pelindo III sebagai BUMN operator pelabuhan juga siap membantu mengoperasikan sejumlah pelabuhan terminal untuk kepentingan sendiri (TUKS) yang dimiliki Semen Indonesia di berbagai daerah.

"Tujuan utamanya yaitu untuk meningkatkan utilisasi aset TUKS yang masih rendah pemanfaatannya agar bisa meningkat,” jelasnya.

Baca juga : Beras Hitam Indonesia Dilirik Amerika

Direktur Utama Semen Indonesia Hendi Prio Santoso mengharapkan, dengan adanya sinergi operasi logistik dan kepelabuhanan dengan Pelindo III, Semen Indonesia dapat semakin meluaskan jangkauan dan penguasaan distribusi produknya ke banyak pasar baru di Indonesia.

“Bila sinergi operasi ini sudah lancar produk akan lebih cepat sampai ke pelanggan, dengan harga yang lebih terjangkau pula. Di antaranya diharapkan dapat mendorong akselerasi pengiriman dari pabrik di Tuban dan Cilacap,” katanya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.