Dark/Light Mode

DPR Usulkan Indonesia-Suriname Jalin Kerja Sama Bidang Sains

Rabu, 21 Agustus 2019 19:50 WIB
Waki Ketua DPR Utut Adianto (kedua kiri) dalam pertemuan dengan Parlemen Suriname. (Foto: Humas DPR)
Waki Ketua DPR Utut Adianto (kedua kiri) dalam pertemuan dengan Parlemen Suriname. (Foto: Humas DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam lawatannya ke Parlemen Suriname, delegasi DPR mencoba menjajaki kerja sama bidang sains dengan negara yang ber-Ibu Kota di Paramaribo. Terutama, sains yang mengarah pada lingkungan alam.

"Kita sadari, ada bebebrapa kesamaan Indonesia dan Suriname yaitu hutan tropis. Siapa tahu ada temuan-temuan baru yang bisa didapatkan di Suriname. Yaitu tentang jenis-jenis tanaman, jenis-jenis biota yang mungkin tidak ada di Indonesia. Ini kan suatu penemuan yang baik. Kalau bisa, kerja sama ini dilakukan dalam dunia pendidikan,'' jelas Anggota DPR, Ferdiansyah di Paramaribo, Selasa (19/8).

Baca juga : Pemerintah Kota Malang Jamin Keamanan Mahasiswa Asal Papua

''Nah itu (kerja sama sains) menjadi hal yang menarik. Sehingga, mudah-mudahan apa yang kita dapatkan di Suriname ini bisa ditindaklanjuti di bidang sejarah dan budaya, dan juga dunia pendidikan," imbuhnya.

Menurut Ferdiansyah, untuk dunia pendidikan, pihaknya juga menyarankan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Suriname, supaya dibuat pertukaran pemuda ataupun pelajar dan dosen. Hal ini diyakini bermanfaat untuk pengembangan sains.

Baca juga : Kunjungi Paramaribo, DPR Siap Jalin Kerja Sama Dengan Parlemen Suriname

Saat pertemuan itu, Menteri Luar Negeri Suriname juga menginginkan adanya penerbangan dari Indonesia ke Paramaribo. Namun, Wakil Ketua DPR Utut Adianto mengatakan, hal itu masih sulit diwujudkan.

''Karena memang jaraknya jauh, dan pasarnya juga mungkin masih kecil. Tapi yang jelas, mereka ingin yang konkret dan dalam wakti dekat kita juga sudah berkoordinasi dengan pak Duta Besar Julang Pujianto,'' tutur Utut.

Baca juga : Pulihkan Manokwari, BNI Tanam Ratusan Pohon dan Rapihkan Jalanan Bersama Warga

Utut menambahkan, keinginan masyarakat Suriname untuk mempelajari gamelan dan juga bahasa indonesia termasuk tinggi. ''Ini kan juga harus kita deliver (wujudkan), dan juga kalau kita kembalikan kepada konsep Bapak Presiden kita, yang menginginkan KBRI adalah ujung tombak marketing kita di mancanegara. Jadi,.ini saya rasa pas saja," terang Utut.

Mantan atlet catur itu juga menyarankan Duta Besar Julang Pujianto, untuk membuat himpunan persahabatan Indonesia-Suriname. ''Jadi, selain hubungan antara government, people to people juga berjalan. Rasanya itu lebih cepat," tegas Utut. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.