Dark/Light Mode

PPKM Dihapus, Geliat Belanja Masyarakat Naik Lagi

Kamis, 13 April 2023 12:53 WIB
Ilustrasi belanja. (Foto: Ist)
Ilustrasi belanja. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk melalui Mandiri Institute Report Summary, belanja masyarakat kembali meningkat pada kuartal I-2023. 

Hal ini ditunjukkan oleh Mandiri Spending Index (MSI) yang mencatat indeks nilai belanja di akhir Maret 2023 mencapai 136,4, tertinggi sejak Januari lalu. 

“Tren kenaikan belanja berlangsung sejak akhir Februari dan mengalami akselerasi seiring dimulainya bulan Ramadhan di akhir Maret,” jelas Head of Mandiri Institute, Teguh Yudo Wicaksono dalam keterangan resmi, Kamis (13/4).

Baca juga : Relawan Sandiaga Uno Gelar Bazar Sembako Murah Bagi Masyarakat Kalsel

Teguh melanjutkan, meskipun nilai belanja meningkat, volume belanja cenderung terhadang oleh kenaikan inflasi di awal kuartal I-2023. Penghapusan pembatasan mobilitas masyarakat (PPKM) sejak awal tahun mendorong meningkatnya aktivitas masyarakat, termasuk aktivitas ekonomi. 

“Namun demikian, secara umum tingkat belanja masyarakat di kuartal I ini masih relatif tertahan karena kenaikan laju inflasi awal tahun 2023. Di beberapa wilayah, MSI mencatat penurunan volume belanja,” ungkapnya.

Kemudian, belanja selama Ramadhan dan Lebaran mendorong penguatan konsumsi rumah tangga baik pada kuartal I-2023 maupun kuartal II-2023. Seperti pola di tahun-tahun sebelumnya, tingkat belanja meningkat sejak satu bulan menjelang Ramadhan hingga periode mudik dan libur Lebaran. Menjelang Ramadhan tahun ini, tingkat belanja rata-rata tumbuh 4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. 

Baca juga : Irish Bella, Isyaratkan Perceraian?

“Namun, seiring dengan perkiraan aktivitas mudik akan lebih masif di tahun ini, belanja masyarakat diperkirakan meningkat signifikan menjelang Lebaran,” katanya.

Teguh mengatakan, menjaga laju inflasi merupakan hal penting untuk menjaga momentum belanja. Belanja-belanja di supermarket, restoran, department store, atau barang-barang terkait fesyen cenderung meningkat signifikan di sepanjang Maret. 

Selain barang-barang konsumsi, belanja terkait mobilitas juga meningkat, baik dalam tren jangka pendek maupun jangka menengah. “Belanja beberapa barang durable seperti perlengkapan rumah tangga dan barang-barang elektronik juga tercatat meningkat,” pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.