Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Presdir AP II Didapuk Jadi Wakil Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia

Rabu, 22 Maret 2023 23:34 WIB
Pelantikan Pengurus Pusat dan Majelis Profesi dan Etik masa bakti 2022-2025, di Jakarta, Rabu (22/3). (Foto: Istimewa)
Pelantikan Pengurus Pusat dan Majelis Profesi dan Etik masa bakti 2022-2025, di Jakarta, Rabu (22/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) melakukan Pelantikan Pengurus Pusat dan Majelis Profesi dan Etik masa bakti 2022-2025, di Jakarta, Rabu (22/3). Ketua Umum MTI 2022-2025 terpilih adalah Tory Damantoro dan Ketua Majelis Profesi dan Etik MTI 2022-2025 adalah Agus Taufik Mulyono. Sementara itu, President Director PT Angkasa Pura II (AP II) Muhammad Awaluddin didapuk sebagai Wakil Ketua Umum MTI bidang Aviasi dan Dirgantara.

Muhammad Awaluddin saat ini menjabat sebagai President Director AP II untuk periode kedua dengan tugas mengelola 20 bandara, termasuk Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia. Sebagai Waketum MTI bidang Aviasi dan Dirgantara, Muhammad Awaluddin akan bersinergi dengan para pemangku kepentingan untuk mengakselerasi dan memperkuat pengembangan sektor penerbangan nasional. 

Pelantikan pengurus MTI ini turut dihadiri Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Menhub menuturkan, MTI merupakan lembaga think tank yang selalu mendukung dalam penguatan sistem transportasi nasional.

“Kami sangat membutuhkan Bapak dan Ibu (MTI) untuk memberikan catatan-catatan (guna memperkuat transportasi nasional),” ujar Menhub, dalam sambutannya.

Baca juga : Presiden Maladewa Sambut Industri Galangan Indonesia

Ketua Umum MTI Tory Damantoro menuturkan, pihaknya merupakan mitra pemerintah dalam penetapan kebijakan terkait transportasi. “MTI bersiap sedia dan membuka pintu seluas-luasnya untuk bersinergi dengan semua pihak, bersinergi dengan pemerintah, bersinergi dengan asosiasi, dengan perguruan tinggi dan dengan seluruh pemangku kepentingan transportasi, sesuai dengan moto kami: sinergi mewarnai kemajuan transportasi Indonesia,” ujarnya.

Ketua Majelis Profesi dan Etik MTI Agus Taufik Mulyono mematikan, pihaknya akan mendorong pengembangan sumber daya manusia di bidang transportasi. MTI menyiapkan sertifikat kompetensi bagi para ahli transportasi di Indonesia.

“Majelis Profesi dan Etik MTI tugasnya dua, yaitu pengembangan profesi dan pengawasan. Pengembangan profesi untuk membantu program-program di bidang perhubungan,” ujar Agus.

Wakil Ketua Umum Bidang Aviasi dan Dirgantara Muhammad Awaluddin menyampaikan, MTI akan bersinergi serta berkolaborasi dengan pelaku di sektor penerbangan nasional untuk dapat mendorong pengembangan dan penguatan industri penerbangan di dalam negeri. Dia menuturkan, pengembangan sektor penerbangan nasional harus sejalan dengan perkembangan sosial di tengah masyarakat.

Baca juga : Kepala BNPT Terima Anugerah Tokoh Sosialisasi Persatuan Dan Toleransi Indonesia

“Kehidupan sosial kemasyarakatan berkembang menuju Smart Society, dan sektor penerbangan harus mampu mengakomodir hal ini. Smart Society ini mendorong sektor penerbangan untuk mengimplementasikan Smart Aviation,” jelas Muhammad Awaluddin.

Dia melanjutkan, Smart Aviation diwujudkan melalui pendekatan Smart Technology yang humanis. “Pendekatan Smart Technology yang humanis ini akan melahirkan inovasi-inovasi yang berpusat pada kebutuhan terhadap peningkatan keberadaban manusia, atau kita kenal dengan technology-based society,” papar Muhammad Awaluddin.

Muhammad Awaluddin menuturkan, MTI bersama seluruh stakeholder akan berupaya untuk memperkuat pengembangan industri penerbangan nasional guna terus memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.

Pengurus Pusat MTI 2022-2025 telah membentuk 8 forum yakni Transportasi Perkotaan, Transportasi Laut, Transportasi Udara, Transportas Kereta Api dan Angkutan Antarkota, Transportasi Cerdas, Transportasi Logistik, Transportasi Lingkungan dan Energi, serta Forum Pembiayaan Transportasi dan Infrastruktur.

Baca juga : Mak Ganjar Jatim Ajak Masyarakat Ubah Sampah Jadi Berkah

“Forum Transportasi Udara MTI akan membantu sektor penerbangan nasional untuk terus berkembang secara berkelanjutan menuju level yang lebih tinggi lagi dan memiliki daya saing di tingkat global,” ujar Muhammad Awaluddin.

Di samping sebagai Waketum MTI Bidang Aviasi dan Dirgantara, Muhammad Awaluddin juga saat ini juga sebagai Anggota Dewan (Board Member) Airport Council International (ACI) Asia-Pacific melalui 34th Board Meeting yang berlangsung di Muscat, Oman, pada 6 Desember 2022. ACI Asia-Pacific merupakan bagian dari ACI World sebagai perwakilan dari 1.950 bandara di 185 negara.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.