Dark/Light Mode

Kegiatan Dunia Usaha Kuartal I-2023 Meningkat, Ini Pendorongnya

Jumat, 14 April 2023 13:35 WIB
Kegiatan dunia usaha. (Foto: Ist)
Kegiatan dunia usaha. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan kinerja kegiatan dunia usaha meningkat pada Triwulan I-2023.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono mengatakan, hal ini tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 11,05 persen, sedikit lebih tinggi dari SBT pada triwulan IV-2022 sebesar 10,71 persen.

Baca juga : Berperan Di Koalisi Besar, Partai Perindo Bisa Jadi Penghubung KIB Dan KIR

Peningkatan kinerja kegiatan usaha terindikasi pada Lapangan Usaha (LU) Pertanian, Kehutanan dan Perikanan seiring dengan pola historis musim panen serta LU Industri Pengolahan sejalan dengan peningkatan aktivitas industri, ketersediaan sarana produksi, dan kapasitas penyimpanan yang mendukung.

Selain itu, kinerja LU Pertambangan dan Penggalian serta LU Perdagangan Besar dan Eceran, dan Reparasi Mobil dan Motor juga meningkat sejalan dengan peningkatan permintaan dalam negeri dan mobilitas masyarakat.

Baca juga : Susunan Direksi Jasa Raharja Dirombak, Ini Perubahannya

Menurut dia, kapasitas produksi terpakai pada triwulan I-2023 tercatat sebesar 72,33 persen, meningkat dari 71,49 persen pada triwulan sebelumnya. Penggunaan tenaga kerja juga terindikasi meningkat dan berada dalam fase ekspansi.

“Sementara itu, kondisi keuangan dunia usaha tetap baik meski tidak setinggi triwulan sebelumnya,” katanya.

Baca juga : Piala Dunia U20 Batal, Partai Garuda: Jangan Salahkan FIFA, Hadapi Saja

Pada triwulan II-2023, responden memprakirakan kegiatan usaha meningkat dengan SBT sebesar 21,44 persen. Peningkatan kegiatan usaha diprakirakan terjadi pada beberapa LU utama, yaitu LU Pertanian seiring masih berlanjutnya panen raya dan LU Pertambangan didukung oleh ketersediaan sarana produksi.

Selain itu, kata dia, kinerja LU Industri Pengolahan juga meningkat sejalan dengan kenaikan permintaan didukung oleh ketersediaan sarana produksi dan kapasitas penyimpanan. Sementara kinerja LU Perdagangan Besar dan Eceran, LU Transportasi dan Pergudangan, serta LU Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum meningkat seiring dengan permintaan dalam negeri yang meningkat pada periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 1444 H.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.