Dark/Light Mode

Naik KM Dorolonda, Pelni Angkut Ratusan Pemudik Gratis Ke Batam

Senin, 17 April 2023 15:20 WIB
Penumpang kapal Pelni mulai ramai jelang Lebaran.
Penumpang kapal Pelni mulai ramai jelang Lebaran.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Persero memberangkatkan 150 pemudik dari Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok menggunakan KM Dorolonda tujuan Jakarta-Batam. 

Program mudik gratis dengan tema ‘Mudik Dinanti, Mudik di Hati Bersama BUMN 2023’  ini merupakan hasil kolaborasi PELNI dengan PT Pelabuhan Indonesia (Persero), PT Telkomsel, PT PLN (Persero) dan PT Angkasa Pura I. 

Baca juga : Pimpin Shalawat, Menko PMK Lepas Ribuan Peserta Mudik Gratis Naik Kapal Laut

“Sebagai BUMN transportasi laut, kami merasa bangga diberikan kepercayaan melayani masyarakat Mudik Gratis bersama sanak keluarga. Kami juga ingin berterima kasih kepada Kementerian BUMN dan Forum TJSL BUMN selalu PIC Mudik Bersama BUMN 2023 karena memilih moda transportasi laut sebagai armada pilihan dalam pelayanan mudik gratis tahun ini,” ujar Vice President Treasury PELNI, Fauziah Verryna Senin (17/4). 

Verryna merinci,tahun ini kuota tersedia sebanyak 1.128 penumpang dalam kegiatan Mudik Gratis BUMN 2023 menggunakan kapal PELNI yang diikuti oleh empat perusahaan, yakni PELINDO, PELNI, PLN Makassar, dan Angkasa Pura I. 

Baca juga : Pengusaha Pelayaran Santuni Ratusan Anak Yatim

Menurutnya, 1.128 penumpang tersebut akan dilayani oleh 6 armada kapal yang tersebar ke berbagai rute. Armada tersebut, yaitu KM Ciremai, rute Tanjung Priok-Sorong dan Tanjung Priok-Ambon, KM Kelimutu, rute Kumai-Surabaya dan Kumai-Semarang, KM Tidar, rute Makassar-Namlea dan Makassar-Ambon, KM Kelud, rute Batam-Belawan, KM Dorolonda, rute Tanjung Priok-Batam dan Makassar-Surabaya dan KM Lambelu, rute Makassar-Bau Bau

Kemudian, untuk melayani angkutan Lebaran pada tahun ini, PELNI mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan 42 kapal perintis. Seluruh kapal-kapal PELNI juga telah dilengkapi dengan alat-alat keselamatan yang memadai. 

Baca juga : Bamsoet Resmikan Pembukaan Jurnal Risa Coffe Atrium Jakarta

Pada kapal PELNI pun tersedia berbagai fasilitas umum yang dapat dinikmati para penumpang selama perjalanan, ada tempat ibadah (mushola), toko kapal, cafetaria, hingga poliklinik. Seluruh kru kapal juga standby 24 jam.

“Kami berharap dapat memberikan pengalaman yang baik bagi para pemudik. Mereka pun dapat pulang kampung halaman dengan aman dan nyaman,” katanya. ■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.