Dark/Light Mode

Pemprov DKI Didorong Tambah Kursi

Kuota Mudik Gratis Ludes

Sabtu, 8 April 2023 07:30 WIB
Ilustrasi. (Foto: Antara).
Ilustrasi. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Animo warga Ibu Kota ikut program Mudik Gratis Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, cukup besar. Kuota ludes dalam sekejap setelah pendaftaran dibuka.

Karena itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mendorong Pemprov DKI menambah kuota mudik gratis pada tahun depan agar lebih banyak warga yang bisa menikmati program tahunan ini.

Ketua Komis B DPRD DKI Jakarta Ismail mengatakan, kuota program Mudik Gratis 2023 Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta ludes dalam hitungan jam. Jumlah pendaftar melebihi proyeksi.

Baca juga : Pemkot Bandung Tindak Tegas Warung Penjual Miras Ilegal

“Kalau melihat animo yang luar biasa, maka perlu diper­timbangkan penambahan kuota tersebut pada tahun depan,” ujarnya, Selasa (4/4).

Selain kuota, dia meminta, kota atau kabupaten tujuan program Mudik Gratis, ditambah. Sehingga, akan mengakomodir lebih banyak masyarakat yang ingin pulang kampung.

Program Mudik Gratis bagus untuk meminimalisir kemacetan dan kecelakaan lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran,” ungkapnya.

Baca juga : Kemenhub Dorong Kegiatan Konsesi Pulau Nipa Melalui Digitalisasi

Selain kuota pemudik, Ismail bilang, kuota untuk mengangkut sepeda motor juga perlu ditam­bah. Sebab, penggunaan sepeda motor untuk jarak jauh, tidak direkomendasikan. Sementara, banyak masyarakat memerlukan kendaraan untuk menunjang mo­bilitas di kampung halaman.

Ismail berharap, program Mudik Gratis juga semakin tepat sasaran. Yakni, memprioritaskan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), khususnya penerima bantuan sosial (ban­sos). Dia meminta, seleksi calon pemudik mengacu Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Instrumen ini (DTKS), saya kira bisa digunakan untuk me­nentukan skala prioritas tadi,” tandasnya.

Baca juga : Kuota Penuh, Pemprov DKI Tutup Layanan Mudik Gratis Untuk Sementara

Konsekuensi dari penambahan kuota dan kota/kabupaten tujuan tersebut adalah pening­katan alokasi anggaran. Namun hal ini, menurut Ismail, dapat didiskusikan antara eksekutif dan legislatif.

“Anggaran bisa juga dicarikan lewat Corporate Social Respon­sibility (CSR),” ucapnya.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, antusiasme masyarakat terhadap mudik gratis sangat tinggi. Sejak dibuka pada 23 Maret 2023 pukul 08.00 WIB, pendaftaran mudik gratis langsung diserbu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.