Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BUMN Gelar Mudik Gratis

AP I Berangkatkan 1.798 Pemudik Ke Berbagai Daerah

Rabu, 19 April 2023 17:01 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumari saat melakukan flag-off pelepasan peserta Mudik Bareng BUMN 2023 moda transportasi bus di Gelora Bung Karno. (Dok. Angkasa Pura I)
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumari saat melakukan flag-off pelepasan peserta Mudik Bareng BUMN 2023 moda transportasi bus di Gelora Bung Karno. (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura/AP I memberangkatkan 1.798 peserta mudik pulang ke kampung halaman dalam program “Mudik Bersama BUMN Tahun 2023”.

Pada program mudik gratis tersebut, Angkasa Pura I memfasilitasi pemudik pulang kampung menggunakan empat armada, yakni dengan bus, kereta api, serta transportasi laut dengan kapal penyeberangan dan kapal penumpang.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjelaskan bahwa mudik gratis bagi masyarakat untuk mendukung terciptanya kelancaran, keselamatan, serta upaya untuk mengurangi hambatan selama mudik lebaran.

Ditegaskan, Kementerian BUMN sebagai benteng ekonomi nasional akan terus hadir dalam melayani masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga : Tinjau Pelabuhan Tanjung Perak, Kapolri Pastikan Pemudik Dapat Pelayanan Terbaik

Kali ini kata dia, pemerintah mendorong adanya kegiatan mudik gratis. "BUMN hadir untuk memberikan kontribusi kepada negara terhadap program-program yang dibutuhkan oleh masyarakat,” jelas Erick Thohir pada sambutannya di acara prosesi seremonial pelepasan pemudik pada Selasa (18/4).

Kegiatan Mudik Bersama yang diselenggarakan Angkasa Pura I berlangsung pada 14, 18, dan 19 April 2023.

Pada Jumat (14/4), Co. General Manager Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Amiruddin Florensius melepas 150 pemudik yang diberangkatkan melalui Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar menggunakan kapal laut PELNI dengan rute Makassar menuju Surabaya.

Pada Selasa kemarin (18/4), Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi bersama Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan perwakilan BUMN lainnya melaksanakan prosesi seremonial pelepasan pemudik yang berlokasi di Ring Road Gelora Bung Karno.

Baca juga : Sambut Lebaran, Telkomsel Berangkatkan 1.400 Pemudik

Prosesi seremonial ini merupakan kegiatan Flag Off yang mengangkut pemudik secara bersama-sama menggunakan moda transportasi bus.

Direktur Utama Angkasa Pura I melepas 40 pemudik menggunakan bus dengan rute Jakarta menuju Bobotsari via Purwokerto.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga menyampaikan apresiasinya pada kegiatan mudik bersama yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN.

Program Mudik diharapkan dapat membantu mengurangi kepadatan arus mudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

Baca juga : Mudik Gratis BUMN, Pertamina Berangkatkan 3.000 Pemudik Ke Berbagai Daerah

Dan dapat mengurangi kemacetan serta risiko kecelakaan dalam perjalanan dengan mengutamakan keselamatan.

Safety is number one, saya yakin operator perjalanan darat menggunakan bus ini dapat menjalankan tugasnya secara kooperatif dengan mengurangi kecepatan berkendara agar para pemudik sampai tujuan dengan selamat,” ujar Budi Karya Sumadi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.