Dark/Light Mode

Pemprov DKI Lepas 13 Ribu Pemudik Gratis Ke Sejumlah Daerah

Senin, 17 April 2023 21:22 WIB
Pemudik yang menanti keberangkatan ke kampung halaman saat lebaran. (Foto : rm.id)
Pemudik yang menanti keberangkatan ke kampung halaman saat lebaran. (Foto : rm.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan sebanyak 13.541 pemudik yang mengikuti program mudik gratis Pemprov DKI Jakarta telah diberangkatkan dari kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023) pagi. 

"Alhamdulillah, berjalan lancar." kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo usai mendampingi Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Jumlah penumpang pada hari ini akan dilepas 13.541 penumpang dengan 284 bus," kata Syafrin Liputo.

Belasan ribu pemudik itu serentak berangkat ke 19 kota/kabupaten di Indonesia. Kini, kata Syafrin, tugas berikutnya adalah penyelenggaraan arus balik. Syafrin menyatakan, terdapat 10.623 peserta arus balik. Dengan demikian, total ada 24.164 peserta mudik gratis yang terdiri dari penumpang keberangkatan serta penumpang arus balik.

Baca juga : Naik KM Dorolonda, Pelni Angkut Ratusan Pemudik Gratis Ke Batam

"Animo masyarakat untuk mudik tahun ini cukup tinggi. Dari hasil verifikasi, terdapat 24.164 penumpang yang akan mudik atau meningkat 25,3 persen dari target," jelas Syafrin.

Saat melepas para pemudik gratis, Heru Budi Hartono juga didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan.

Menurut Syafrin, jumlah penumpang mudik gratis Pemprov DKI tahun ini melampaui target dari yang sebelumnya ditetapkan. Dari hasil verifikasi dan klarifikasi data, tercatat ada 28.506 pendaftar. Sementara target yang ditetapkan hanya sebanyak 19.280 penumpang.

Kuota yang disiapkan sebanyak 19.280 penumpang dengan rincian 11.120 penumpang arus mudik dan 8.160 penumpang arus balik. Akibat tingginya animo masyarakat, katanya, Pemprov DKI Jakarta kekurangan armada bus karena jumlah yang dianggarkan hanya 484 unit. Namun akhirnya, Pemprov mendapatkan 13 bus tambahan dari BUMD DKI.

Baca juga : Pimpin Shalawat, Menko PMK Lepas Ribuan Peserta Mudik Gratis Naik Kapal Laut

"Alhamdulilah dari BUMD DKI Jakarta telah berkenan untuk membantu dengan menyampaikan CSR dalam bentuk bus yaitu Bank DKI sebanyak 5 bus, PT MRT 2 bus, PT TransJakarta 5 bus, dan PT LRT Jakarta sebanyak satu bus," papar Syafrin.

Tak hanya bus mudik gratis, Syafrin menyebut telah melepaskan truk untuk mengangkut sepeda motor pada Minggu (16/4/2023) kemarin diikuti dengan pelepasan 13.541 penumpang dengan 284 bus pada hari ini.

"Untuk arus balik angkutan Lebaran gratis tahun 2023, untuk truk akan dilepas pada 27 April 2023 dan bus akan dilepas pada 28 April 2023 dari 19 kota di 6 provinsi," tandasnya.

Berikut beberapa daerah yang menjadi tujuan mudik gratis 2023 Pemprov DKI Jakarta : Provinsi Sumatera Selatan : Bandar Lampung dan Palembang. Jawa Barat : Kuningan dan Tasikmalaya. Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) : Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Sragen,  Wonogiri, Wonosobo dan Yogyakarta. Jawa Timur : Madiun, Kediri, Jombang, dan Malang.

Baca juga : Kementerian BUMN Lepas 15 Ribu Pemudik Naik Kereta Api

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Latif Usman mengatakan puncak arus mudik Lebaran 2023 diperkirakan terjadi pada 18-21 April 2023.

 “Diharap sudah dari kemarin mudik tetapi nanti kan mulai puncaknya besok 18, 19, 20, itu yang sampai 21 April 2023,” kata Latif Usman saat ikut pelepasan romobongan mudik gratis Pemprov DKI di Monas, Jakarta Utara, Senin (17/4/2023). Namun pemudik dengan sepeda motor hingga hari ini belum terlihat ada lonjakan. "Ya, hari ini masih landai," katanya. 

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan 1.500 personel khusus untuk pengamanan lalu lintas pada masa mudik dan arus balik Lebaran. Diprediksi kemacetan arus mudik terjadi di tol Cikampek dan jalan arteri Halim Lama, Kalimalang sampai Bekasi-Karawang.

“Nanti secara keseluruhan ada 1.500 personel, itu udah dibagi seluruhnya khusus lalu lintas. Tapi secara keseluruhan polisi (Polda Metro Jaya) 6 ribu sekian personel,” ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.