Dark/Light Mode

53 Kader Muhammadiyah Dari Sudan Dipulangkan Ke Rumah Masing-masing

Senin, 1 Mei 2023 19:41 WIB
Proses evakuasi WNI dari Sudan. (Foto: Ist)
Proses evakuasi WNI dari Sudan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Muhammadiyah berkoordinasi dengan Pemerintah untuk mengevakuasi WNI dari Sudan. Proses evakuasi pun berjalan lancar.

Pada evakuasi tahap pertama, Jumat (28/4), ada 385 orang yang berhasil tiba di tanah air. Sedangkan pada evakuasi tahap kedua, Ahad (30/4), ada 365 orang. Di antara mereka juga terdapat puluhan kader Persyarikatan. Semua rombongan ditempatkan sementara di Asrama Haji Pondok Gede.

Baca juga : PDIP Tana Toraja Masih Nunggu Rekomendasi DPP

Dikutip dari situs Muhammadiyah, kerja kerelawanan ini turut dibantu oleh beberapa elemen Persyarikatan di bawah koordinasi MDMC, didukung amal usaha, kader dan sumber daya majelis / lembaga lain. RSIJ Pondok Kopi yang bertugas di Asrama Haji menurunkan 11 Nakes, dan 1 bidan serta 1 ahli gizi untuk pelayanan pemeriksaan kesehatan. Sedangkan Lazismu menurunkan lima relawan untuk melayani konseling psikososial karena beberapa dari penyintas memiliki trauma akibat peperangan.

Satgas Sudan Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga telah memetakan destinasi kepulangan 53 kader Muhammadiyah yang ikut rombongan evakuasi Tahap 1 per hari Sabtu (29/4).

Baca juga : Apresiasi Muhammadiyah, Partai Garuda Minta Ormas Lain Tiru Sikapnya

Tercatat 23 orang di antaranya pulang secara mandiri, sementara yang difasilitasi oleh Pemda adalah yang berasal dari Aceh (4), Bengkulu (2), Jambi (2), Jateng (3), Jatim (7), Riau (1), dan Sumbar (2). 

Sedangkan yang pulang pada hari ini 30 April 2023 pk 14.40 berjumlah sembilan (9) orang, masing-masing dengan tujuan Jabar (2 mandiri, 1 dibantu Pemda), Riau (1 mandiri), Jambi (1 mandiri) dan Jateng (4 mandiri).

Baca juga : Mudik Lancar, Muhammadiyah: Polri Berkerja Serius Berikan Pelayanan Terbaik

Atas kerja yang masih terus berlanjut, Satgas Sudan PP Muhammadiyah menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Tim Kemensos dan Kemenko PMK serta Pimpinan Asrama Haji yang memberikan dukungan dan fasilitas baik tempat untuk membuka konter Satgas maupun dukungan logistik bagi terlaksananya kegiatan Satgas.

Satgas Sudan PP Muhammadiyah sendiri dibentuk dengan surat tugas berisi perwakilan personil dari Lembaga Hubungan dan Kerjasama Internasional, Muhammadiyah Disaster Management Center, Lazismu, dan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.